Perbedaan Performa Bobot Badan Dan Dimensi Tubuh Domba Jantan Dorper Fullblood Dengan Domba Jantan Dorper F1 Di Barokah Farm Kediri

Mardani, Afi (2024) Perbedaan Performa Bobot Badan Dan Dimensi Tubuh Domba Jantan Dorper Fullblood Dengan Domba Jantan Dorper F1 Di Barokah Farm Kediri. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (314kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (315kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (323kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan daging di Indonesia semakin meningkat, hal tersebut perlu adanya peningkatan terhadap performa produktivitas domba yang baik untuk memenuhi kebutuhan daging. Salah satu upaya untuk meningkatkan profil produksi yang baik dalam pemenuhan daging domba nasional yaitu melalui perkawinan silang dengan domba unggul, seperti domba Dorper fullblood yang dikawinkan dengan domba betina texel, dimana kedua jenis domba tersebut sama – sama memiliki tipe domba potong. Pengamatan ini untuk mengetahui perbedaan performa bobot badan dan dimensi ukuran tubuh domba Dorper fullblood dengan domba Dorper F1 yang ada di Barokah Farm Kediri. Pengamatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober sampai 29 Oktober 2023. Berlokasi di Barokah Farm Kediri, Dusun Ngadiloyo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Sampel yang digunakan dalam pengamatan ini yaitu 10 ekor domba Dorper fullblood dan 10 ekor domba Dorper F1 dengan rataan umur kurang dari 1 tahun. Parameter kegiatan ini meliputi konsumsi pakan, ukuran tubuh, pertambahan bobot badan harian dan konversi pakan. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan bahwa domba jantan Dorper fullblood memiliki nilai rataan ukuran tubuh lingkar dada sebesar 100 cm, panjang badan 87 cm, tinggi badan 73 cm. Sedangkan pada domba jantan Dorper F1 memiliki nilai rataan ukuran tubuh lingkar dada sebesar 87 cm, panjang badan 84 cm, dan tinggi badan 71 cm. Konsumsi pakan domba jantan Dorper fullblood memiliki nilai rataan 1.493 g/ekor/hari, sedangkan pada domba jantan Dorper F1 memiliki nilai rataan konsumsi pakan 1.271 g/ekor/hari. Pertambahan bobot badan harian domba jantan Dorper fullblood memiliki nilai rataan sebesar 316 g/ekor/hari, sedangkan pada domba jantan Dorper F1 memiliki nilai rataan pertambahan bobot badan hariannya yaitu 198 g/ekor/hari. Pada konversi pakan domba jantan Dorper fullblood memiliki nilai rataan yaitu 4,72 dan pada domba jantan Dorper F1 memiliki nilai rataan 6,42. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa domba Dorper fullblood lebih baik dari pada domba Dorper F1 dalam hal ukuran tubuh, konsumsi pakan, pertambahan bobot badan harian dan konversi pakan. Perlu dilakukan pengamatan terhadap performa profil produksi dari persilangan antara domba Dorper fullblood dengan jenis lain, sehingga dapat diperoleh genetik yang memiliki profil performa produksi yang terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorUtomo, BudiNIDN0710108304
Uncontrolled Keywords: Performa Bobot Badan, Dorper Fullblood, Domba Dorper F1
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Afi Mardani
Date Deposited: 27 May 2024 03:09
Last Modified: 27 May 2024 03:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32212

Actions (login required)

View Item View Item