Manajemen Pemeliharaan Cempe Domba Pasca Lahir Yang Dilakukan Artificial Rearing Di PT. Sedana Peternak Sentosa Jombang Jawa Timur

Silalahi, Lohri Elisa (2023) Manajemen Pemeliharaan Cempe Domba Pasca Lahir Yang Dilakukan Artificial Rearing Di PT. Sedana Peternak Sentosa Jombang Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (78kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text
Laporan lengkap.pdf

Download (1MB)

Abstract

Domba merupakan hewan ruminansia kecil, dengan klasifikasi kelas; mamalia genus; ovis, dan famili; bovidae yang cara bertahan hidupnya dengan memamah biak. Pemeliharaan cempe pasca lahir merupakan hal penting yang harus diperhatikan karena awal kelahiran merupakan masa kritis dimana cempe rentan terkena penyakit. Cukup banyak kasus indukan domba yang ambruk saat mendekati hari perkiraan lahir (HPL). Oleh karena itu program magang ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terhadap kegiatan di perusahaan tempat magang berlangsung. Adapun pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui forum diskusi. Magang dilaksanakan di PT. Sedana Peternak Sentosa Jombang Jawa Timur mulai tanggal tanggal 1 Agustus 2023 sampai dengan 30 November 2023. Kegiatan magang yang dilaksanakan di PT. Sedana Peternak Sentosa meliputi empat team yaitu team purple yang memiliki tugas pemberian pakan pada pen perah serta baterai, pemberian susu pada cempe, sanitasi, pengobatan ternak, vaksinasi, dan USG. Tugas team blue meliputi pemotongan kuku ternak, penimbangan ternak pemberian obat cacing, pemberian identitas tetua, mutasi indukan dan cempe, uji mastitis, pemerahan kambing, team green, dan team black yang memiliki tugas khususnya masing-masing. Kegiatan yang dilakukan di PT. Sedana Peternak Sentosa yaitu perawatan cempe dengan pola pemeliharaan Artificial rearing pada cempe domba. Kolostrum merupakan kunci keberhasilan dari pemeliharaan Artificial rearing, karena kolostrum berperan sebagai pembentukan sistem kekebalan tubuh cempe. Pemeliharaan Artificial rearing ini meliputi penanganan cempe domba pasca lahir, pemberian susu pada cempe yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari, dan pemberian creep feeding 1 kali dalam sehari berupa konsentrat khusus untuk cempe.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahriar, Theo MahisetaNIDN0717068704
Uncontrolled Keywords: Artificial Rearing, Manajemen Pemeliharaan, Domba Pasca Lahir
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > PKL
Depositing User: Lohri Elisa Silalahi
Date Deposited: 22 May 2024 01:35
Last Modified: 22 May 2024 01:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/32161

Actions (login required)

View Item View Item