Perbandingan Performa Pertumbuhan (Pertambahan Bobot Badan, Panjang Badan, Lingkar Dada, Dan Feed Intake) Pada Pejantan Domba Dorper Fullblood Dengan Dorper F2 Di Barokah Farm Kediri

Althaf, Achmal Reyhan (2024) Perbandingan Performa Pertumbuhan (Pertambahan Bobot Badan, Panjang Badan, Lingkar Dada, Dan Feed Intake) Pada Pejantan Domba Dorper Fullblood Dengan Dorper F2 Di Barokah Farm Kediri. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (132kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (139kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perbandingan Performa Pertumbuhan (Pertambahan bobot badan, panjang badan, lingkar dada, dan feed intake) Pada Pejantan Domba Dorper Fullblood di Barokah Farm Kediri, Achmal Reyhan Althaf, C31210246, Tahun 2024, 38 Hlm., Program Studi Produksi Ternak, Jurusan Peternakan, Politeknik Negeri Jember, Dr. Budi Utomo, S.Pt., M.P . Dosen Pembimbing). Upaya meningkatkan kualitas domba pedaging salah satunya melalui program perkawinan silang antara domba dorper dan domba texel. Penggunaan pejantan dorper dan betina texel memungkinkan dapat menghasilkan anakan yang dapat mewarisi sifat unggul dari kedua indukannya. Domba dorper memiliki kualifikasi yang baik sebagai domba pedaging diantaranya dapat mencapai bobot 36 kg pada umur 3,5 – 4 bulan. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan performa pertumbuhan antara domba dorper fullbllood dengan domba dorper F2 pengamatan ini dilaksanakan mulai tanggal 1-29 Oktober 2023. Berlokasi di Barokah Farm Kediri, yang beralamatkan di Dusun Ngadiloyo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, ProvinsiJawa Timur. Bahan yang digunakan dalam pengamatan ini yaitu 10 domba dorper fullblood dan 10 domba dorper F2 umur kurang lebih 1 tahun. Parameter kegiatan ini yaitu ukuran tubuh, konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, dan konversi pakan. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan domba dorper fullblood memiliki performa pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan denga dorper F2. dorper memiliki rata-rata ukuran tubuh yaitu lingkar dada 100 cm, tinggi badan 87 cm, dan panjang badan 73 cm sedangkan domba dorper F2 memiliki rata-rata ukuran tubuh yaitu lingkar dada 89 cm, panjang badan 86 cm, dan tinggi badan 73 cm. konsumsi pakan bk domba dorper fullblood sebesar 1.493 sedangkan pada dorper F2 1.425. Pertambahan bobot badan per hari (PBBH) Dorper sebesar 0,32 kg sedangkan pada dorper F2 sebesar 0,24 kg. Konversi pakan pada dorper sebesar 4,72 sedangkan pada dorper F2 sebesar 6,08. Domba Dorper fullblood memiliki performa pertumbahan yang lebih baik dari pada domba Dorper F2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorUtomo, BudiNIDN0710108304
Uncontrolled Keywords: Perbandingan Performa Pertumbuhan, Domba Dorper Fullblood, domba texel, PBBH
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: ACHMAL REYHAN ALTHAF
Date Deposited: 08 May 2024 02:54
Last Modified: 08 May 2024 02:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31892

Actions (login required)

View Item View Item