Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Serum Protein dan Kesehatan Pedet Sapi Perah Friesian Holstein (FH) di PT. Global Dairi Alami Subang, Jawa Barat

Arfina, Yolanda Yesa (2024) Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Serum Protein dan Kesehatan Pedet Sapi Perah Friesian Holstein (FH) di PT. Global Dairi Alami Subang, Jawa Barat. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (117kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (134kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Serum Protein dan Kesehatan Pedet Sapi Perah Friesian Holstein (FH) di PT. Global Dairi Alami Subang, Jawa Barat, Yolanda Yesa Arfina, C31210036, 2021, 43 halaman, Program Studi Produksi Ternak, Jurusan Peternakan, Politeknik Negeri Jember, Rizki Amalia Nurfitriani, S.Pt., M.Si. (Dosen Pembimbing). Fase pedet merupakan fase penentu bagi produktifitas dan kualitas ternak dimasa depan, maka dari itu pemeliharaan pada pedet perlu diperhatikan secara khusus. Pemeliharaan pedet yang baik dilakukan sebagai bentuk upaya untuk menunjang pertumbuhan dan menurunkan angka kematian. Rangkaian pemeliharaan ini dapat dimulai dari pengananganan pedet saat lahir, manajemen pakan, serta manajemen kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari pengaruh jenis kelamin terhadap serum protein dan kondisi kesehatan pedet sapi FH yang dapat dilihat dari hasil pengecekan serum protein, dan kondisi kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data primer yang dilakukan pencatatan secara langsung di lapangan, dan metode pengambilan data sekunder yang diperoleh dari laboratorium PT. Global Dairi Alami. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini antara lain serum protein, dan kondisi kesehatan. Data yang diperoleh di analisis menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode t-Test Paired Two Sample for Means pada Microsoft Excel 2010. Analisa serum protein yang dihasilkan dari analisa memperoleh nilai pada pedet jantan 9,51% dan pedet betina 10,37%. Analisa kondisi kesehatan memperoleh nilai pada pedet jantan 2,00 dan pada pedet betina 1,87. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis kelamin ini memberikan pengaruh yang tidak nyata terhadap pada pengecekan serum protein dan pengecekan kesehatan, namun serum protein berbanding lurus dengan kondisi kesehatan. Saran yang dapat diberikan dilakukan penilitian lebih spesifik terhadap jenis kelamin tertentu, untuk penilaian serum protein dengan kualitas kolostrum yang berbeda pada pedet sapi perah friesien holstein.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurfitriani, Rizki AmaliaNIDN0013129501
Uncontrolled Keywords: Jenis Kelamin, Serum Protein, Kesehatan Pedet, Pedet Sapi Perah Friesian Holstein (FH)
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 217 - Budidaya Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Yolanda Yesa Arfina
Date Deposited: 03 May 2024 03:45
Last Modified: 03 May 2024 03:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/31713

Actions (login required)

View Item View Item