PENGEMBANGAN GAME INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGUNJUNG MUSEUM TERHADAP KOLEKSI SEJARAH

Khoiriyah, Hani'atul (2024) PENGEMBANGAN GAME INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGUNJUNG MUSEUM TERHADAP KOLEKSI SEJARAH. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan_Laporan Magang_Hani'atul Khoiriyah.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (297kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1_Laporan Magang_Hani'atul Khoiriyah.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (544kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Laporan Magang_Hani'atul Khoiriyah.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (298kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Magang - Hani'atul Khoiriyah (FIX)-1-65.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Magang Bersertifikat Kampus Merdeka merupakan inisiatif program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tujuan program ini adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap dalam dunia industri dengan melibatkan mereka secara langsung dalam proyek atau permasalahan riil. Sejalan dengan konsep tersebut, melalui Direktorat Pelindungan Kebudayaan mengusulkan program Magang Bersertifikat untuk mempercepat pendataan koleksi museum. Museum berfungsi sebagai fasilitas informasi dan edukasi mengenai evolusi alam dan kebudayaan manusia bagi masyarakat dan publik. Namun, dengan berkembangnya teknologi, muncul tantangan dalam menjaga minat dan partisipasi pengunjung terhadap koleksi sejarah. Alih wahana data kebudayaan dengan game interaktif menjadi solusi inovatif untuk merubah pendekatan edukatif terhadap koleksi museum, terutama bagi anak-anak hingga remaja yang belum mampu menguasai konten sejarah seperti orang dewasa. Metode yang diterapkan dalam pengembangan game ini melibatkan serangkaian tahap yang dirinci secara sistematis. Game dirancang untuk mengajak pemain dalam proses eksplorasi dan pemahaman koleksi museum, sekaligus menyajikan informasi sejarah yang signifikan. Hasil review testing mengatakan bahwa game ini memberikan pengalaman yang sangat menarik dan menghibur. Dengan menggabungkan teknologi dan edukasi, proyek ini memberikan kontribusi positif dalam pelestarian sejarah dan peningkatan apresiasi masyarakat terhadap warisan budaya.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorEtikasari, BetyNIDN0028059202
Uncontrolled Keywords: Museum, Alih Wahana, Game, Interaktif, Jongquest
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > PKL
Depositing User: Hani'atul Khoiriyah
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:48
Last Modified: 17 Jan 2024 06:49
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29533

Actions (login required)

View Item View Item