Khoiriyah, Hani'atul (2024) PENGEMBANGAN GAME INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGUNJUNG MUSEUM TERHADAP KOLEKSI SEJARAH. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan_Laporan Magang_Hani'atul Khoiriyah.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (297kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1_Laporan Magang_Hani'atul Khoiriyah.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (544kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Laporan Magang_Hani'atul Khoiriyah.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (298kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Magang - Hani'atul Khoiriyah (FIX)-1-65.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Magang Bersertifikat Kampus Merdeka merupakan inisiatif program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tujuan program ini adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap dalam dunia industri dengan melibatkan mereka secara langsung dalam proyek atau permasalahan riil. Sejalan dengan konsep tersebut, melalui Direktorat Pelindungan Kebudayaan mengusulkan program Magang Bersertifikat untuk mempercepat pendataan koleksi museum. Museum berfungsi sebagai fasilitas informasi dan edukasi mengenai evolusi alam dan kebudayaan manusia bagi masyarakat dan publik. Namun, dengan berkembangnya teknologi, muncul tantangan dalam menjaga minat dan partisipasi pengunjung terhadap koleksi sejarah. Alih wahana data kebudayaan dengan game interaktif menjadi solusi inovatif untuk merubah pendekatan edukatif terhadap koleksi museum, terutama bagi anak-anak hingga remaja yang belum mampu menguasai konten sejarah seperti orang dewasa. Metode yang diterapkan dalam pengembangan game ini melibatkan serangkaian tahap yang dirinci secara sistematis. Game dirancang untuk mengajak pemain dalam proses eksplorasi dan pemahaman koleksi museum, sekaligus menyajikan informasi sejarah yang signifikan. Hasil review testing mengatakan bahwa game ini memberikan pengalaman yang sangat menarik dan menghibur. Dengan menggabungkan teknologi dan edukasi, proyek ini memberikan kontribusi positif dalam pelestarian sejarah dan peningkatan apresiasi masyarakat terhadap warisan budaya.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Museum, Alih Wahana, Game, Interaktif, Jongquest | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > PKL | ||||||
Depositing User: | Hani'atul Khoiriyah | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2024 06:48 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2024 06:49 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/29533 |
Actions (login required)
View Item |