Rancang Bangun Media Pembelajaran Origami untuk Anak Menggunakan Augmented Reality

Thaliah, Shafa (2023) Rancang Bangun Media Pembelajaran Origami untuk Anak Menggunakan Augmented Reality. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (20kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (75kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat memberikan dampak besar pada berbagai bidang, termasuk dalam pendidikan. Penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran telah menjadi hal yang umum, bahkan di kalangan anak-anak. Dalam era revolusi industri 4.0, penggunaan smartphone sebagai alat pembelajaran dapat menjadi cara yang menyenangkan bagi anak-anak. Pembelajaran melipat kertas atau origami dapat mengembangkan keterampilan motorik halus anak dan menjadi kegiatan seni rupa yang populer di TK dan PAUD. Namun, masih terdapat tantangan dalam pembelajaran origami, seperti kesulitan mengikuti instruksi Oleh karena itu, diperlukan inovasi media pembelajaran yang dapat membantu anak memahami origami, salah satunya dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR). Dengan memanfaatkan AR, pengguna dapat melihat objek virtual dalam dunia nyata melalui smartphone. Penggunaan AR dalam origami memberikan fleksibilitas dan aksesibilitas yang lebih luas, sehingga siswa dapat belajar origami di mana saja dan kapan saja. Hal ini memungkinkan pembelajaran mandiri dan memperluas kesempatan pembelajaran bagi siswa di luar lingkungan sekolah. Tingkat keefektifan media pembelajaran ini dilihat berdasarkan kecepatan serta jumlah kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam melipat origami, serta dilakukan juga pengujian pengguna menggunakan kuesioner. Hasil dari kuesioner diperoleh 20 responden dengan rata-rata presentase skor 80.1 % yang dihitung menggunakan skala likert. Sedangkan hasil pengujian keefektifan yang dilihar dari indikator dan jumlah keteapatan dalam melipat kertas memperoleh hasil lebih besar dibandingkan dengan media konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAfriansyah, Faisal LutfiNIDN0029049102
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Origami, Anak, MDLC
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Shafa Thaliah
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:15
Last Modified: 10 Jul 2023 01:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24526

Actions (login required)

View Item View Item