Sinta Dewi Fatimah, Mei (2023) Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Untuk Siswa SD. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (146kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (379kB) |
|
Text (Full Text)
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (222kB) |
Abstract
Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Untuk Siswa SD, Mei Sinta Dewi Fatimah, NIM E31201195, Tahun 2023, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Taufiq Rizaldi,S.ST., M.T. (Dosen Pembimbing). Sejak pandemi virus Covid-19 masuk ke Indonesia pada bulan Maret tahun 2020, banyak hal yang mulai berubah. Hal itu juga membuat dunia pendidikan terpaksa untuk ikut beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Selain itu, sifat para murid yang mudah jenuh jika pembelajaran dilakukan secara mandiri dengan cara yang monoton menggunakan buku juga menjadi sebuah masalah yang perlu diperhatikan. Karena alasan tersebut proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan membutuhkan alternatif untuk membantu proses pembelajaran siswa. Berdasarkan pemaparan diatas maka diusulkan pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Untuk Siswa SD. Aplikasi media pembelajaran tersebut diharapkan dapat menjadi alternatif belajar yang dapat membantu siswa SD dalam mempelajari mata pelajaran matematika agar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Aplikasi Media Pembelajaran berbasis game ini nantinya akan menampilkan materi-materi mata pelajaran matematika kelas 2 SD bab penjumlahan, perkalian dan pembagian angka, serta kuis bergambar yang terdiri dari beberapa soal untuk dikerjakan oleh siswa. Sebelum siswa mulai mengerjakan soal yang terdapat di dalam aplikasi, pertama-tama kemampuan siswa akan diuji terlebih dahulu dengan menggunakan soal yang terdapat di dalam menu pre-test. Hal ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi mata pelajaran matematika yang telah siswa pelajari di sekolah. Nilai yang dihasilkan dari menu pre-test nantinya akan dibandingkan dengan nilai yang siswa dapat setelah mengerjakan menu post-test. Kedua nilai tersebut nantinya akan digunakan sebagai pembanding peningkatan kemampuan siswa sebelum dan setelah belajar menggunakan aplikasi. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi cara belajar yang baru bagi siswa sekolah dasar sehingga kegiatan belajar menjadi tidak monoton.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Mei Sinta Dewi Fatimah | ||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2023 02:41 | ||||||
Last Modified: | 04 Jul 2023 02:42 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/24322 |
Actions (login required)
View Item |