Sa’diyah, Rohimatus (2023) Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Di Rsud Mardi Waluyo Kota Blitar. [Experiment] (Unpublished)
This is the latest version of this item.
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (167kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (156kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (83kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
G42192376_Rohimatus Sa’diyah_Laporan MSPM.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan (MSPM) ini dimulai pada tanggal 17 Oktober sampai 22 November 2022 di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Tujuan pelaksanaan PKL MSPM ini bertujuan meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa mengenai kegiatan Instalasi Gizi Rumah Sakit dan Meningkatkan keterampilan mahasiswa sesuai dengan bidang keahlian masing-masing pada Instalasi Gizi. Manfaat yang diperoleh selama pelaksanaan PKL MSPM adalah mengetahui manajemen sistem penyelenggaraan makanan di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar yang akan dibandingkan dengan teori yang telah didapatkan selama perkuliahan. Rincian kegiatan yang dilakukan selama PKL meliputi: orientasi terkait manajemen sistem penyelenggaraan makanan rumah sakit dengan mengidentifikasi data-data seperti struktur organisasi, tupoksi, kualifikasi tata letak peralatan dan arus kerja dapur instalasi gizi. Menghitung kebutuhan tenaga gizi menggunakan metode WISN. Melakukan penyelenggaraan makanan meliputi penyusunan standart makanan sesuai kebutuhan gizi, mengidentifikasi unit cost berbagai kelas pelayanan, mengidentifikasi pengadaan bahan makanan, produksi makanan, distribusi makanan, melakukan evaluasi sistem penyelenggaraan makanan melalui daya terima atau sisa makanan, menyusun menu selama 3 hari sesuai standar menu dan menghitung kebutuhan bahan makanan sesuai menu 3 hari, melakukan pengembangan formula makanan, modifikasi makanan melalui uji daya terima pasien, melakukan analisis HACCP terhadap menu yang telah dimodifikasi dan menu salah satu dari rumah sakit serta dilakukan pengawasan penerapan higieni sanitasi dan keselematan kerja dengan form penilaian kelayakan fisik untuk higieni sanitasi dan keselamatan kerja. Kegiatan selanjutnya terkait dengan memberikan pendidikan, latihan dan intervensi pada tenaga pengolah makanan mengenai faktor yang mempengaruhi keamanan pangan (kontaminasi silang) serta pencegahan dari kontaminasi tersebut. Metode yang digunakan saat diklat yaitu Emo demo, demosntrasi, diskusi tanya jawab dan game. Untuk media yang digunakan yaitu kertas game yang berisikan pertanyaan, stunding banner dan leaflet. Kegiatan yang terakhir yaitu melakukan penelitian gizi terpan terkait dengan kepuasan makanan. Metode yang digunakan yaitu ceramah da
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 182 - Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga | ||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL | ||||||
Depositing User: | Rohimatus Sa'diyah | ||||||
Date Deposited: | 25 May 2023 00:37 | ||||||
Last Modified: | 25 May 2023 00:38 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/23659 |
Available Versions of this Item
-
Asuhan Gizi Pasien Post Op Cholelitiasis Dengan Obesitas Di Ruang Rawat Dahlia 3d Di Rsud Mardi Waluyo Kota Blitar. (deposited 25 May 2023 01:04)
-
Manajemen Program Intervensi Gizi Di Desa Kemuning Lor. (deposited 25 Jul 2023 08:12)
- Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Di Rsud Mardi Waluyo Kota Blitar. (deposited 25 May 2023 00:37) [Currently Displayed]
-
Manajemen Program Intervensi Gizi Di Desa Kemuning Lor. (deposited 25 Jul 2023 08:12)
Actions (login required)
View Item |