Uji Sifat Fisik Jamur Tiram (Pluerotus Ostreatus) Kering Hasil Pengeringan Menggunakan Mesin Rotary Vacum Dryer Tipe Batch

Dardiri, Mochamad (2019) Uji Sifat Fisik Jamur Tiram (Pluerotus Ostreatus) Kering Hasil Pengeringan Menggunakan Mesin Rotary Vacum Dryer Tipe Batch. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
7. HALAMAN RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. HALAMAN BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. HALAMAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (160kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B31161362_LAPORAN TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)

Abstract

Jamur tiram merupakan salah satu kelompok jamur yang termasuk kedalam jamur yang sudah dikenal masyarakat dengan baik karena bentuk dan ukurantubuh yang familiar di masyarakat. Jamur tiram merupakan salah satu jamur yang dapat dimakan dan memiliki rasa yang khas. Jamur tiram putih mempunyai manfaat yang bagus bagi kesehatan manusia, jamur ini mengandung protein, nabati, dan tidak mengandung kolesterol. Jamur tiram putih mengandung kadar air yang cukup tinggi, jamur tiram putih memiliki potensi mudah rusak secara biologis maupun fisik, kondisi ini memerlukan proses pengawetan atau pengeringan. Pengeringan dipilih karena proses yang dilakukan relatif mudah di aplikasikan dengan skala industri. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas jamur tiram kering yang dikeringkan menggunakan pengeringan matahari dan pengeringan mesin. Pengujian ini dilaksanakan pada bulan juni 2019 di Laboratorium Alat Dan Mesin Pertanian Politeknik Negeri Jember. Parameter yang digunakan adalah pengukuran kadar air jamur tiram kering, rasio pengkerutan, rasio rehidrasi, dan warna. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa pengeringan menggunakan pengering matahari memiliki kadar air 5,53% dan pengeringan menggunakan pengering mesin memiliki kadar air 11,03%, Rasio pengkerutan pada pengeringan matahari yaitu 17,5% dan pengeringan mesin yaitu 47,5%, Rasio rehidrasi pada pengeringan matahari 5,25 kali berat akhir dan pengeringan mesin yaitu 2 kali berat akhir, tingkat kecerahan atau L* pada pengeringan mmatahari yaitu 66,30 dan pada pengeringan mesin yaitu 18,96 lebih gelap dari pada pengeringan matahari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIswahyono, IswahyonoNIDN196411101992021001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 183 - Ekonomi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 03 May 2023 04:21
Last Modified: 03 May 2023 04:22
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22865

Actions (login required)

View Item View Item