Lesmana, I Putu Dody and Widiawan, Beni and Hartadi, Didit Rahmat and Haris, Muhammad Fuad Al (2018) Pengembangan Terapi Cermin Pada Latihan Bersepeda Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Gerak Motorik Ekstremitas Atas Pasca Stroke. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5 (4). p. 503. ISSN 2355-7699
Text
document.pdf Download (894kB) |
|
Text
Similarity - document.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latihan bersepeda berbasis virtual reality (VR-Bicycling) bagi penderita pasca stroke merupakan teknologi yang dikembangkan untuk meningkatkan gerak motorik otot. Penerapan VR-Bicycling umumnya untuk melatih gerak motorik ekstremitas bawah daripada gerak motorik ekstremitas atas. Penggunaan terapi cermin (Mirror Therapy-MT) merupakan bentuk terapi gerak motorik ekstremitas atas dengan mempengaruhi propriosepsi otak yang berfikir bahwa eksterimitas atas yang mengalami hemiparesis dapat bergerak baik. Dalam penelitian ini dikembangan modul VR-Bicycling untuk melatih gerak motorik ekstremitas atas berbasis MT dengan mengkombinasikan umpan balik visual dan audio pada lingkungan virtual (Virtual Environment-VE). Umpan balik visual untuk mengetahui waktu tunda dan perbedaan spasial berupa ketepatan lengan virtual dalam menangkap apel atau menghindari bom sepanjang lintasan bersepeda. Sedangkan umpan balik audio menggunakan metronome untuk melatih operabilitas dan kontrol lengan virtual. Kinect digunakan sebagai motion capture gerakan lengan nyata. Pengujian melibatkan sepuluh penderita pasca stroke untuk melatih gerak motorik ekstremitas atas yang mengalami hemiparesis dalam mengontrol gerakan lengan virtual pada VR-Bicycling. Evaluasi sistem dilakukan dengan meminta penderita pasca stroke menjawab daftar pertanyaan yang mengandung faktor operabilitas, konsentrasi, kontrol gerakan, waktu tunda, dan perbedaan spasial dari terapi ekstremitas atas pada VR-Bicycling menggunakan konsep terapi cermin. Dari hasil evaluasi diketahui bahwa waktu tunda dan perbedaan spasial pada terapi ekstremitas atas menggunakan VR-Bicycling dengan MT merupakan dua variabel penting untuk mengontrol arah dan ketepatan gerakan lengan virtual pada VE.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika |
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Publikasi |
Depositing User: | Didit Rahmat Hartadi |
Date Deposited: | 28 Apr 2023 13:03 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 13:03 |
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22762 |
Actions (login required)
View Item |