Perancangan Sistem Pengaman Sepeda Motor Berbasis Rfid(Radio Frequency Identification) Sebagai Pemutus Arus ECU Menuju COIL

Syaifur Rijal, Muhammad (2019) Perancangan Sistem Pengaman Sepeda Motor Berbasis Rfid(Radio Frequency Identification) Sebagai Pemutus Arus ECU Menuju COIL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
8. ABSTACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (79kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
15. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (93kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (66kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B43121057_SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan meningkatnya jumlah kejahatan perampasan pada sepeda motor dan belum adanya sistem keamanan yang bersifat aktif pada sepeda motor, maka tujuan pembuatan alat ini adalah untuk merealisasikan pembangunan hardwere, software, dari Alat Sistem Keamanan Sepeda Motor Berbasis RFid serta mengetahui unjuk kerja dari alat guna meminimalisir tindak kejahatan perampasan kendaraan bermotor. Pembuatan Proyek Akhir ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu identifikasi kebutuhan, analisis kebutuhan, perancangan rangkaian, langkah pembuatan alat, diagram alir program, perancangan program, pengujian alat dan pengambilan data. Pada perancangan alat ini menggunakan RFid sebagai proses kendali utama alat. Sistem komunikasi alat menggunakan RFid sebagai penghubung alat dengan penggunakan transmiter dan reseiver. Alat ini menggunakan relay sebagai switch atau saklar untuk mematikan mesin sepeda motor. Hasil dari Proyek Akhir ini adalah berupa alat yang mampu untuk mematikan mesin sepeda motor dengan jarak terbatas secara otomatis. Alat pengaman berbasis RFid terdiri dari transmitter sebagai pengirim sinyal radio frekuensi dan receiver sebagai penerima sinyal radio frekuensi, alat ini berada dalam kondisi off ketika terputusnya ecu dengan coil, sedangkan kondisi on terhubungnya ECU dan coil, daya baterai berpengaruh terhadap jarak jangkau remot. Pada alat ini, daya baterai 1000mah memiliki jarak jangkauan 60cm, sedangkan baterai 2000mah memiliki jarak jangkauan 110cm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTyagita, Dicky AdiNIDN198906222018031001
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:46
Last Modified: 17 Apr 2023 02:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22562

Actions (login required)

View Item View Item