Kartika, Ria Chandra and Triana, Dina and Puspita, Surya Dewi and Jannah, Miftahul and Ayu, Dessya Putri (2023) Upaya Peningkatan Loyalitas Pasien melalui Peningkatan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13 (3). pp. 701-708. ISSN ISSN 2549-8134
Text
Loyalitas New (Jurnal Permas).pdf Download (1MB) |
Abstract
Kepuasan pelanggan di rumah sakit menjadi salah satu aspek penting dan menjadi indicator mutu pelayanan kesehatan dengan standar ideal 95%. Hasil survey kepuasan pelanggan di Intalasi Rawat inap RSUD Bhakti Dharma Husada pada tahun 2015-2017 adalah sebesar 77,03%. Hasil tersebut masih belum mencapai standar ideal kepuasan pasien di rumah sakit. Jika kepuasan pelanggan di rumah sakit rendah maka akan berdampak pada loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian adalah menganalisis hubungan kepuasan pasien dengan loyalitas pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian observational analitik dan rancangan penelitian cross sectional. Besar sampel pada penelitian ini adalah 81 pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Bhakti Dharma Husada. Dasar penentuan metode sampling menggunakan proporsional random sampling. Data variable kepuasan pasien dan loyalitas pasien dikumpulkan menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan reabilitas. Kemudian data yang terkumpul dianalisis hubungan menggunakan uji kendall’s tau. Hasil penelitian didapatkan nilai signifikansi 0,004 (p<α 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien dengan loyalitas pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Bhakti Dharma Husada Surabaya. Kepuasan pasien yang tinggi akan memberikan tingkat loyalitas yang tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Surya Dewi Puspita |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 03:46 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 03:46 |
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/22334 |
Actions (login required)
View Item |