Lailiyah, Siti Sarifatul (2019) Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Kesenian Daerah Di Indonesia Berbasis Multimedia Di Sekolah Dasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (205kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (195kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (206kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
20.E31161010_ LAPORAN LENGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Saat ini Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang dalam segala bidang, salah satunya adalah aspek pendidikan. Upaya yang sangat nampak untuk memajukan taraf pendidikan di Indonesia salah satunya terlihat dari adanya program wajib belajar 9 tahun. Melalui program tersebut diharapkan dapat mencetak generasi-generasi muda yang berilmu, cakap, serta kompeten di bidangnya. Proses pendidikan dapat ditempuh melalui berbagai jalur, yaitu pendidikan formal, non formal, dan informal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang berjenjang, mulai dari tingkat dasar, menengah, atas, hingga tingkat tinggi. Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus dari Taman Kanak-Kanak (TK). SD ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI. Kurangnya penggunaan media dan pemanfaatan fasilitas yang tersedia di sekolah menyebabkan proses pembelajaran bersifat komunikasi satu arah, hanya berpusat pada guru. Hal ini yang terjadi di SDN 01 Tegal Gede Jember yaitu minimnya media untuk proses pelajaran kesenian daerah serta kurangnya pemanfaatan fasilitas yang tersedia di sekolah sekolah tersebut. Fasilitas yang tersedia di sekolah tersebut meliputi seperangkat komputer dan LCD Proyektor. Maka dari itu, untuk membantu guru dan murid di Sekolah Dasar dalam melakukan proses belajar mengajar agar lebih mudah dipahami dan efektif, penulis menawarkan solusi dengan membangun sebuah aplikasi yang berjudul “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Kesenian Daerah Di Indonesia Berbasis Multimedia Di Sekolah Dasar”. Aplikasi ini dibuat untuk mengenalkan kesenian daerah nantinya bisa digunakan untuk membantu para pengajar dan anak didik dalam melakukan proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Riza Nuraini Octavia | ||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2023 06:36 | ||||||
Last Modified: | 30 Mar 2023 06:36 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21668 |
Actions (login required)
View Item |