UPAYA PERBAIKAN KETERLAMBATAN PENGAJUAN KLAIM BPJS KESEHATAN PADA UNIT RAWAT INAP DI RSIA SRIKANDI IBI JEMBER TAHUN 2019

Mayori, Elsa and Deharja, Atma and Nuraini, Novita and Santi, Maya Weka UPAYA PERBAIKAN KETERLAMBATAN PENGAJUAN KLAIM BPJS KESEHATAN PADA UNIT RAWAT INAP DI RSIA SRIKANDI IBI JEMBER TAHUN 2019. J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan. ISSN 2721-866X

[img] Text
39. 2301-Article Text-12328-1-10-20211209.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
32_ Upaya Perbaikan Keterlambatan Pengajuan Klaim BPJS Kesehatan Pada Unit Rawat Inap di RSIA Srikandi IIBI Jember Tahun 2019.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di RSIA Srikandi IBI Jember, terjadi keterlambatan pengajuan klaim BPJS Kesehatan pada unit rawat inap yang melebihi tanggal sepuluh bulan berikutnya. Keterlambatan pengajuan klaim BPJS Kesehatan yaitu 28 hari dengan 353 berkas rawat inap (57,5%) pada bulan Januari 2019, untuk bulan Februari 31 hari dengan 249 berkas rawat inap (78,3%) dan bulan Maret 29 hari dengan 313 berkas rawat inap (75,0%). Hal tersebut akan berdampak buruk bagi keuangan rumah sakit karena terhambatnya pencairan dana BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun upaya perbaikan keterlambatan pengajuan klaim BPJS Kesehatan pasien pada unit rawat inap di RSIA Srikandi IBI Jember. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, kuesioner dan brainstorming. Hasil dari penelitian diketahui penyebab keterlambatan klaim BPJS Kesehatan adalah faktor material yaitu ketidaklengkapan berkas klaim rawat inap seperti resume medis, hasil pemeriksaan penunjang. Plan yang dilakukan adalah pembuatan SOP pengajuan klaim BPJS pada unit rawat inap, cheklist dokumen BPJS Kesehatan berkas klaim dan SOP untuk verifikasi kelengkapan dan ketepatan isi berkas klaim rawat inap. Do adalah menetapkan SOP tersebut kepada direktur rumah sakit. Tahapan Check yaitu memeriksa hasil pelaksanaan pengajuan klaim BPJS Kesehatan pada unit rawat inap selama bulan Februari-April 2020 dan diketahui terjadi penurunan angka keterlambatan pengajuan klaim BPJS Kesehatan di rumah sakit. Langkah Action diketahui bahwa upaya tersebut dapat membantu dalam proses klaim BPJS Kesehatan.

Item Type: Article
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Publikasi (Reward)
Depositing User: Novita Nuraini
Date Deposited: 29 Mar 2023 08:52
Last Modified: 15 Jun 2023 07:37
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21565

Actions (login required)

View Item View Item