Uji Kinerja Alat Pengering Tipe Rak dengan Sumber Panas Lampu Bohlam (Incandescent Lamp) Terhadap Kualitas Permen Jelly dari Buah Semangka (Citrullus vulgaris)

Meileni, Diah (2020) Uji Kinerja Alat Pengering Tipe Rak dengan Sumber Panas Lampu Bohlam (Incandescent Lamp) Terhadap Kualitas Permen Jelly dari Buah Semangka (Citrullus vulgaris). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (200kB)
[img] Text (Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (194kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (296kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B31170609_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)

Abstract

Buah Semangka merupakan tanaman merambat dari suku mentimun dengan famili Cucurbitaceae dan subfamili Cucurbitoideae, dengan penciri yaitu: (1) daunnya jarang-jarang, (2) bercangkap menyirip kecil-kecil, (3) batangnya kecil, panjang dan ramping, (4) buahnya bulat telur berwarna hijau bergaris-garis kuning, halus dan ada yang berwana hijau tua kehitaman, (5) kulit buahnya agak keras, berdaging lunak, berwarna merah atau kuning dan banyak mengandung air serta rasanya manis. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui laju pengeringan dan effesiensi pengeringan serta mengevaluasi sifat-sifat fisik yang dihasilkan dari pengeringan permen jelly dengan sumber panas lampu bohlam diantaranya Warna dan Tekstur. Mendapatkan perlakuan optimum dari kualitas proses pengeringan dengan sumber panas lampu bohlam yang menghasilkan kualitas permen jelly yang terbaik. Pengujian dilaksanakan pada bulan April 2020 di Laboratorium Alsintan dan Laboratorium Analisis Pangan Politeknik Negeri Jember. Hasil mutu pengeringan permen jelly buah semangka untuk dijadikan permen yang sesuai dengan SNI dengan menggunakan alat pengering. Dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengeringan permen jelly dengan menggunakan sumber panas lampu bohlam pada pengering tipe rak yaitu didapatkan hasil laju pengeringan sebesar 0,942 pada pengeringan 6 jam, 0,808 pada pengeringan 7 jam, dan 0,707 pada pengeringan 8 jam. Sedangkan dari effesiensi pengeringan selama 8 jam didapatkan hasil 10,516%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHariono, BudiNIDN0019056605
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:53
Last Modified: 03 Jan 2023 06:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18503

Actions (login required)

View Item View Item