Pengaruh Aplikasi Bioinsektisida Daun Sirsak (Annona mucirata) Terhadap Keanekaragaman Artropoda Tanaman Padi (Oryza sativa L.)

Setyabudi, Ibnu Fajar (2022) Pengaruh Aplikasi Bioinsektisida Daun Sirsak (Annona mucirata) Terhadap Keanekaragaman Artropoda Tanaman Padi (Oryza sativa L.). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (44kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (241kB)
[img] Text (Full Text)
A42191046_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bioinsektisida daun sirsak dapat digunakan sebagai pengendalian alternatif karena lebih selektif dan aman terhadap organisme non target. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui komponen senyawa bioaktif daun sirsak, toksisitas LC95, pengaruh aplikasi bioinsektisida daun sirsak terhadap keanekaragaman artropoda dan hasil panen tanaman padi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Oktober 2022 di Laboratorium Biosains, Laboratorium Perlindungan Tanaman, laboratorium Teknologi Produksi Benih Politeknik Negeri Jember dan Lahan budidaya padi di Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Pengambilan sampel artropoda dengan Sweep net, Sticky Trap, Yellow Pan Trap dan Pitfall Trap. Kandungan senyawa tertinggi didalam bioinsektisida daun sirsak adalah Asam palmitat sebesar 18,39%, Asam oleat sebesar 17,40% dan Asam asetat sebesar 13,83% yang bepotensi sebagai bioinsektisida. Toksisitas LC95 bioinsektisida daun sirsak berdasarkan analisis probit adalah 28,92%pada perlakuan bioinsektisida daun sirsak jumlah serangga yang ditemukan adalah 2036 individu dan 32 spesies, sedangkan pada perlakuan Insektisida Fipronil adalah 1198 individu dan 26 spesies.Keanekaragaman artropoda (H`) pada dua perlakuan menunjukkan kategori sedang, Indeks Dominansi (C`) pada kedua perlakuan menunjukkan tidak ada dominasi, kekayaan jenis (R) pada perlakuan bioinsektisida daun sirsak dan fipronil tergolong sedang, kemerataan jenis (E) kedua perlakuan merata dan kesamaan jenis pada kedua perlakuan tergolong sama dengan nilai 89,66%. Hasil Gabah Kering Sawah tanaman padi menunjukkan hasil berbeda nyata menurut uji Man Whitney yaitu perlakuan bioinsektisida daun sirsak 38,25 g dan insektisida fipronil 33,29 g.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSyarief, MochammadNIDN0005075906
Uncontrolled Keywords: Bioinsektisida Daun Sirsak, Senyawa Bioaktif, toksisitas LC95, keanekaragaman artropoda
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Ibnu Fajar Setyabudi
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:30
Last Modified: 30 Dec 2022 03:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18365

Actions (login required)

View Item View Item