Pengaruh Variasi Material Magnet Terhadap Nilai Cogging pada Pemodelan PMSG(Permanent Magnet Synchronous Generator)18 Slot 16 Pole Menggunakan Software Berbasis Fem (Finite Element Method)

Agustin, Afifah Putri (2022) Pengaruh Variasi Material Magnet Terhadap Nilai Cogging pada Pemodelan PMSG(Permanent Magnet Synchronous Generator)18 Slot 16 Pole Menggunakan Software Berbasis Fem (Finite Element Method). [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (258kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (116kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H41181887_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Lentera Bumi Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak dalam pengembangan teknologi terbarukan yang memanfaatkan potensi alam yaitu tenaga angin. Saat ini yang menjadi fokus pengembangannya adalah pembangkit listrik tenaga angin skala mikro dengan daya 500 Watt yang diberi nama The Sky Dancer yang dipasang di pesisir Pantai Ciheras, Kabupaten Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat. Generator yang dipakai PT. Lentera Bumi Nusantara yaitu Permanent Magnet Syncronous Generator (PMSG). Didalam PMSG terdapat suatu masalah yaitu cogging. Cogging memiliki sifat parasit yang mengakibatkan rotor mesin sulit untuk berputar oleh penggerak mula. Pada dasarnya torsi cogging dalam PMSG terjadi ketika magnet yang berada pada inti rotor mencoba menyelaraskan dirinya dengan inti stator. Untuk memperkecil nilai torsi cogging, dilakukan variasi material magnet agar bisa dibandingkan dan dapat mengetahui material magnet yang sesuai untuk mendapatkan nilai torsi cogging sekecil mungkin. Variasi Material Magnet Terhadap Nilai Cogging Pada Pemodelan PMSG (Permanent Magnet Synchronous Generator) 18 Slot 16 Pole menggunakan metode percobaan yang dilakukan dengan simulasi software desain elektromagnetik berbasis Finite Element Method (FEM), dengan variasi material magnet yang digunakan adalah NdFeb N48SH, samarium cobalt, dan ceramic ferrite. Simulasi dilakukan dengan memperhatikan ketelitian kerapatan dan nilai sudut angle pada parameter. Hasil dari simulasi didapatkan bahwa PMSG dengan material magnet NdFeb N48SH memiliki nilai sebesar 0.01054, variasi material dengan magnet ceramic ferrite diperoleh nilai torsi cogging sebesar 0.00086, sedangkan pada variasi material dengan magnet samarium cobalt menghasilkan torsi cogging sebesar 0.00117.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHananto, YuliNIDN0022077701
Uncontrolled Keywords: nilai cogging,variasi magnet, pemodelan PMSG, FEM
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 443 - Teknik Enerji
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > PKL
Depositing User: Afifah Putri Agustin
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:15
Last Modified: 13 Sep 2022 08:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16803

Actions (login required)

View Item View Item