Penerapan Pengendalian Mutu Karet Lembaran Asap Bergaris (Ribbed Smoked Sheet) Di Pabrik Pengolahan Karet PTPN XII Kebun Renteng Kabupaten Jember

Setiawan, Adi (2022) Penerapan Pengendalian Mutu Karet Lembaran Asap Bergaris (Ribbed Smoked Sheet) Di Pabrik Pengolahan Karet PTPN XII Kebun Renteng Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
7. HALAMAN RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
12. BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (19kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan PKL LENGKAP ADI SETIAWAN_D41180587.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah kegiatan mahasiswa untuk belajar dari kerja praktis pada perusahaan/ Industri/ Instansi dan/ unit bisnis strategis lainnya, yang diharapkan dapat menjadi wahana penumbuhan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan kegiatan Akademik yang wajib dilaksanakan setiap Mahasiswa Politeknik Negeri Jember, khususnya Program Studi Manajemen Agroindustri pada semester VII. Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan prasyarat mutlak kelulusan yang wajib diikuti oleh mahasiswa Politeknik Negeri jember. Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan untuk menjembatani mahasiswa dalam menekuni keterampilan dalam dunia kerja maupun berwirausaha. Potensi usaha karet dan permasalahan dalam pengusahaan karet di Indonesia serta adanya kecenderungan meningkatnya konsumsi karet dunia di masa mendatang merupakan peluang dan tantangan bagi Indonesia dalam meningkatkan produksi karet alamnya. Karet sebagai bahan baku industri memerlukan penerapan jaminan mutu yang baik. Salah satu aktivitas dalam menciptakan kualitas sesuai standar yaitu menerapkan pengendalian kualitas yang tepat, mempunyai tujuan dan tahapan yang jelas, serta memberikan inovasi, dan penyelesaian masalah-masalah yang di hadapi oleh perusahaan. Pengendalian mutu diartikan sebagai usaha atau cara untuk menghasilkan produk yang berkualitas sesuai dengan standart yang telah ditentukan perusahaan melalui pengendalian proses produksi, pengendalaian bahan baku, pengendalian produk akhir (kegiatan pengemasan dan penyimpanan) sebelum produk tersebut dikirim ke konsumen. Pengendalian mutu pada proses pengolahan lateks menjadi karet lembaran asap bergaris (Ribbed Smoked Sheet) dilakukan PTPN XII Kebun Renteng sebagai upaya mencapai target produksi sesuai dengan mutu. Pengendalian mutu diantaranya meliputi ketepatan penerimaan bahan baku, ketepatan penggunaan bahan penolong, ketepatan mekanisme kerja pengolahan, ketepatan perlakuan terhadap alat-alat yang digunakan untuk pengolahan, ketepatan dalam sortasi produk akhir, ketepatan dalam pengemasan serta ketepatan penyimpanan produk. Salah satu upaya yang dilakukan PTPN XII Kebun Renteng dalam pelaksanaan pengendalian mutu adalah uji petik yang berfungsi sebagai alat monitoring bagi pengawas untuk mengetahui kondisi proses pengolahan yang sedang berlangsung, sehingga ketika terjadi penyimpangan/kesalahan dalam produksi dapat secepatnya dilakukan langkah-langkah perbaikan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAndini, ParamitaNIDN0026059202
Uncontrolled Keywords: Mutu Karet, Pengendalian Mutu Karet Lembaran Asap Bergaris (Ribbed Smoked Sheet)
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Adi Setiawan
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:03
Last Modified: 09 Sep 2022 03:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16504

Actions (login required)

View Item View Item