Program Penyuluhan Partisipatif Pengolahan Limbah Jerami di Areal Persawahan Dengan Metode Penyuluhan Berbasis Media Digital di Kelompok Tani Camugi Desa Gintangan Banyuwangi

Budiman, Yoga Ananta (2021) Program Penyuluhan Partisipatif Pengolahan Limbah Jerami di Areal Persawahan Dengan Metode Penyuluhan Berbasis Media Digital di Kelompok Tani Camugi Desa Gintangan Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (70kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab I. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (97kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
EksperimenP601192509.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)

Abstract

Produktivitas padi di kelompoktani Camugi Desa Gintangan belum mencapai kondisi optimal bahkan cenderung stagnan yang disebabkan oleh rendahnya kandungan bahan organik dalam tanah. Petani lebih memilih membakar jerami daripada mengolahnya menjadi pupuk, faktor biaya, tenaga kerja dan keterbatasan teknologi menjadi faktor terbesar yangn mempengaruhi perilaku petani dalam menangani limbah jerami. Oleh karena itu dibutuhkan Program penyuluhan partisipatif agar petani dapat mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalahnya untuk menentukan srategi dan melaksanakan pengolahan jerami menjadi pupuk organik dengan cara yang paling efisien. Melalui program praktik pembelajaran pemberdayaan masyarakat ini akan memberikan penyuluhan secara partisipatif kepada petani anggota kelompok tani camugi desa gintangan banyuwangi tentang pengolahan limbah jerami di areal persawahan dengan metode penyuluhan berbasisi digital. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap petani padi tentang strategi pengelolaan jerami di areal persawahan menjadi pupuk organik. Pelaksanan program penyuluhan dilaksanakan secara partisipatif dengan metode penyuluhan berbasis digital. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan sebesari 91%, ketrampilan sebesar 57%, dan sikap dari “ragu-ragu” menjadi “sangat setuju”.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKustiari, TantiNIDN0013097005
Uncontrolled Keywords: kompos jerami, penyuluhan partisipatif, metode penyuluhan digital
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 186 - Penyuluh Pertanian
Divisions: Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > PKL
Depositing User: Yoga Ananta Budiman
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:47
Last Modified: 26 Aug 2022 02:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15758

Actions (login required)

View Item View Item