Sekarnoto, Nuryo (2021) Bauran Pemasaran Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA) Tani Makmur Desa Gladag – Rogojampi Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (177kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (121kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (43kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Praktek Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (PPPM) merupakan kegiatan akademik yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa Program Studi Magister Terapan Agribisnis pada saat semester III. Tujuan dari kegiatan PPPM adalah meningkatkan serta menambah ilmu dan pengetahuan serta mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan untuk menganalisis permasalahan yang ada pada tempat PPPM. Kegiatan ini dilaksanakan di Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA) Tani Makmur Desa Gladag – Rogojampi Banyuwangi. UPJA Tani Makmur merupakan salah satu penyedia jasa alat mesin Pertanian di wilayah Kabaupaten Banyuwangi. UPJA ini termasuk dalam kategori UPJA Profesional dengan jumlah dan jenis alat dan mesin pertanian yang dimiliki. Kegiatan Agribisnis yang sudah dikembang oleh UPJA ini meliputi pelayanana jasa alsintan mulai dari Pengolahan Lahan dengan Hand Traktor, Penyemaian bibit padi dengan Grain Seeder, Penanaman Padi dengan Rice Transplanter dan Panen dengan menggunakan Combine Harvester. Dari hasil observasi dan wawancara ditemukan permasalahan yaitu kurang optimalnya alat dan mesin pertanian tersebut jika dibandingkan dengan kapasitas alat dan mesin itu bekerja. Sebagai contoh menurut data spesifikasi produk perusahaan, data kapasitas kerja handtraktor Merk Kubota 0,056 Ha/jam, UPJA Tani Makmur selama tahun 2020 hanya mengerjakan 18 Ha. Rice transplanter Merk Yanmar 5,32 jam/ Ha, selama tahun 2020 hanya mengerjakan 126 Ha. Grain seeder merk Gatra kapasitasnya 655 tray/ jam, selama tahun 2020 hanya mengerjakan 122 Ha dan Combine Harvester besar Merk Yanmar 0,71 Ha / Jam, selama tahun 2020 hanya mengerjakan 195 Ha . Dari data tersebut terdapat kesenjangan jumlah luasan yang dikerjakan, diantara 4 alat mesin pertanian yang ada. Hand traktor merupakan alat pertanian yang pemggunaannya bisa dibilang paling sedikit dibanding 3 alat mesin pertanian lainnya. Dalam kegiatan jasa sewa alat dan mesin pertanian ini di butuhkan kejelian untuk melihat peluang pasar seiring dengan meningkatanya pesain. Pendekatan dalam pemecahan masalah pada UPJA Tani Makmur Banyuwangi yaitu dengan cara memberikan pemahaman tentang bagaimana strategi mempertahankan capaian yang sudah dicapai dan berusaha meningkatkan cakupan wilayah kerja pelayanan jasa alat mesin pertanian. Dalam proses ini dibutuhkan inovasi dan kreativitas manajemen. Inovasi dapat berupa pengembangan pasar dan juga pengembangan produk. Pengembangan pasar dapat berupa memperluas areal geografi baru, mengubah dari bukan pemakai menjadi pemakai, menambah segmen baru dan menarik pelanggan pesaing. Pengembangan produk dapat berupa meningkatkan daya tarik astetis suatu produk, menambah keistimewaan baru, dan meningkatkan kualitas produk. Dalam pengembangan Produk dipilih dua kegiatan untuk memperbaiki dan memperkuat produk dari UPJA Tani Makmur dibandingkan dengan kompetitor. Dua Kegiatan tersebut adalah Menciptakan citra yang kuat terhadap produk dan Melakukan pelayanan purna jual. Dari aspek Harga, Manajer UPJA Tani Makmur memilih strategi menetapan Harga Paket Produk. Harga paket produk ini merupakan pengabungan dari beberapa produk dan ditawarkan dengan harga yang relatif murah. Dalam pengembangan Pasar, UPJA Tani Makmur memilih melakukan kerjasama dengan UPJA yang ada di sekitar Desa Gladag dengan kriteria yang memiliki alat yang lebih sedikit. Alasan dari pemilihan UPJA tersebut adalah pengoptimalan pesananan yang terbuang karena minimnya alsintan. Selain itu sejalan dengan Program pemerintah tentang Korporasi Pertanian. Harapan dari kerjasama ini adalah UPJA lain menjadi outlet dari UPJA Tani Makmur tanpa mematikan UPJA yang ada. Selain itu untuk pengembangan pasar dilakukan juga promosi melalui media sosial yaitu Instagram dan facebook. Dari modifikasi keempat komponen bauran pemasaran tersebut diharapkan tujuan dari kegaiatan P3M ini dapat terlaksana dengan baik yaitu terdapat peningkatan omzet dan keuntungan dari UPJA Tani Makmur.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | UPJA, Mekanisasi Pertanian, Pertanian Modern | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 181 - Sosial Ekonomi Pertanian 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 186 - Penyuluh Pertanian |
||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > PKL | ||||||
Depositing User: | Nuryo Sekarnoto | ||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2022 01:17 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2022 01:18 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15667 |
Actions (login required)
View Item |