Respon Pertumbuhan Anggrek Vanda (Vanda Tricolor) Terhadap Penggunaan Jenis Media dan Konsentrasi Silika, Uswatun Hasanah

Hasanah, Uswatun (2022) Respon Pertumbuhan Anggrek Vanda (Vanda Tricolor) Terhadap Penggunaan Jenis Media dan Konsentrasi Silika, Uswatun Hasanah. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (291kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (288kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (299kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Penuh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Anggrek Vanda tricolor merupakan anggrek dengan spesies langka yang dapat tumbuh liar di Indonesia. Dimana bunga ini tersebar di berbagai penjuru Indonesia seperti di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Maluku dan Papua. Anggrek Vanda tricolor dapat tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki ketinggian sekitar 200 – 1600 mdpl, di hutan terlindung ataupun terbuka dengan intensitas cahaya yang dapat diterima yaitu 50 % – 75 %. Anggrek Vanda tricolor merupakan bayak diburu karena salah satu spesies anggrek yang paling banyak peminatnya karena memiliki nilai ekonomis yang relatif tinggi. Keberadaan spesies anggrek Vanda tricolor dilaporkan sudah mulai berkurang dikarenakan beberapa pihak mengambil di alam secara berlebihan serta kerusakan alam akibat erupsi dari gunung berapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaplikasian jenis media dan konsentrasi silika yang terbaik guna meningkatkan pertumbuhan anggre Vanda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 sampai bulan Januari 2022 di Smart Green House Lab. Kultur Jaringan, Politeknik Negeri Jember, Kabupaten Jember. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan 2 perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali setiap ulangan, terdiri dari 3 tanaman sehingga total terdapat 144 tanaman. Perlkuan tersebut terdiri dari 2 faktor, faktor pertama yaitu konsentrasi pupuk daun yang terdiri dari 4 taraf yaitu M0 = Cacahan Pakis, M1 = Akar Kadaka , M2 = Serabut kelapa, dan M3 = Batu Zeolit. Dan faktor kedua yaitu konsentrasi silika dengan jumlah 4 taraf konsentrasi yaitu : S0 = 0 ppm, S1 = 50 ppm, S2 = 100 ppm dan S3 = 150 ppm. Data dianalisis menggunakan uji F, apabila berbeda nyata antar perlakuan, maka akan diuju dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaplikasian beberapa jenis media berpengaruh sangat nyata terhadap parameter tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, jumlah daun dan presentase hidup. Media terbaik guna aklimatisasi anggrek Vanda Tricolor diperoleh pada media pakis. Perlakuan konsentrasi silika berpengaruh terhadap parameter jumlah daun dan sangat berpengaruh terhadap parameter presentase hidup dengan konsentrasi terbaik 100 ppm/l. Pada interaksi jenis media dan konsentrasi silika memberikan pengaruh sangat nyata pada parameter tinggi tanaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFirgiyanto, RefaNIDN0726039002
Uncontrolled Keywords: Jaringan, Kultur, Anggrek, Media, Silika, Pertanian
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:11
Last Modified: 10 Aug 2022 03:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14624

Actions (login required)

View Item View Item