Studi Perbanyakan Anggrek Dendrobium (Dendrobium Sp.) Menggunakan Media VW (Vacin and Went) dengan Metode Kultur Jaringan di Kebun Hortikultura Sidomulyo Kota Batu

Hasanah, Uswatun (2022) Studi Perbanyakan Anggrek Dendrobium (Dendrobium Sp.) Menggunakan Media VW (Vacin and Went) dengan Metode Kultur Jaringan di Kebun Hortikultura Sidomulyo Kota Batu. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (104kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Penuh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Anggrek merupakan tanaman hias yang tergolong ke dalam famili orchidaceae yang tumbuh secara epifit atau menempel pada batang tanaman tanpa merugikan tanaman induknya (Gunawan, 2015). Dendrobium meliputi 1000 spesies berasal dari kaki gunung Himalaya menyebar melalui Asia Tenggara ke Jepang, Australia, Tasmania, dan kepulauan Pasifik. Namun, anggrek memiliki biji dengan ukuran sangat kecil dan tanpa adanya cadangan makanan (Hartmann dkk. , 2012), sehingga untuk kelangsungan hidupnya di alam biji anggrek harus bersimbiosis mutualisme dengan jamur untuk mendapatkan nutrisi. Ketiadaan cadangan makanan pada biji anggrek membuat anggrek sangat sulit berkecambah di lingkungan alami dengan kondisi normal (Yusnita, 2010). Kultur jaringan merupakan salah satu cara untuk menumbuh kembangkan biji anggrek in vitro secara aseptik. Karena pada media kultur jaringan terdapat nutrisi dan sumber hara makro dan mikro yang dibutuhkan biji anggrek untuk berkecambah. Mengecambahkan anggrek dengan kultur jaringan menguntungkan secara ekonomi dengan jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat dibandingkan penanaman secara konvensional yang membutuhkan waktu yang lama dan mahal (Hew dan Yong, 2008). Dengan tujuan dari Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah mengetahui perbanyakan anggrek Dendrobium sp menggunakan media VW (Vacin and Went) dengan metode kultur jaringan, mengetahui teknik sterilisasi yang benar pada kultur jaringan, dan mengetahui berbagai jenis dan varietas yang dikembangkan melalui kultur jaringan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDFirgiyanto, RefaNIDN0726039002
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 11 Aug 2022 01:44
Last Modified: 11 Aug 2022 01:45
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14461

Actions (login required)

View Item View Item