Strategi Pengembangan Usaha Kerupuk Puli Pada Ud. Rajawali Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

Kurniawati, Rahma (2022) Strategi Pengembangan Usaha Kerupuk Puli Pada Ud. Rajawali Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (95kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (102kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (28kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D41181756_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Setiap orang tidak terlepas dari makanan baik makanan pokok maupun makanan ringan. Makanan ringan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia salah satunya yaitu kerupuk. Peningkatan konsumsi kerupuk dari tahun 2019-2020 merupakan sebuah potensi bagi usaha kerupuk, namun juga dapat menimbulkan persaingan antar pengusahan kerupuk. Pengusaha kerupuk akan terus berusaha melakukan strategi sebaik mungkin agar mampu bersaing dengan usaha yang sejenis. Kerupuk memiliki berbagai macam jenis baik dari segi bahan maupun cara pengolahannya. Salah satu jenis kerupuk yang banyak dijumpai di pasaran yaitu kerupuk puli. Perusahaan yang memproduksi kerupuk puli salah satunya yaitu UD. Rajawali. Usaha tersebut dirintis oleh ibu Hj. Rukmini sejak tahun 2009 hingga sekarang tahun 2022. UD. Rajawali berlokasi di Desa Kranggan RT 03/RW 01, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Usaha kerupuk puli UD. Rajawali dalam upaya mengembangkan usaha dan mencapai tujuan memiliki beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut meliputi aspek produksi, pemasaran, keuangan dan SDM. UD. Rajawali agar dapat berkembang untuk mencapai visi atau tujuan yang telah ditetapkan maka membutuhkan strategi pengembangan usaha. Identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang serta tantangan membantu perusahaan dalam merumuskan alternatif strategi dan menetapkan prioritas strategi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjaddi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, kemudian menentukan strategi apa saja yang dapat diterapkan untuk pengembangan usaha kerupuk puli dan menentukan strategi alternatif yang menjadi prioritas untuk pengembangan usaha kerupuk puli pada UD. Rajawali Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. x Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif menggunakan bantuan kuesioner untuk mengumpulkan data. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan alat matriks IFE, matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari matriks IFE dan matriks EFE maka dapat disusun ke dalam matriks IE untuk mengetahui dan menganalisis posisi perusahaan. Skor total tertimbang IFE sebesar 2,929 dan skor total tertimbang EFE sebesar 3,181 pada gambar di atas menunjukkan posisi perusahaan berada di sel II. Strategi yang dapat digunakan berdasarkan posisi UD. Rajawali adalah tumbuh dan berkembang. Strategi yang tepat untuk diterapkan pada UD. Rajawali yaitu strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk) dan strategi integratif (integrasi ke depan, integrasi ke belakang, dan integrasi horizontal). Hasil pencocokan yang dilakukan pada matriks SWOT memperoleh tujuh alternatif strategi antara lain : 1) melakukan penetrasi pasar, 2) meningkatkan kualitas produk dan produktivitas tenaga kerja, 3) memperluas jaringan pemasaran dengan beriklan dan bekerjasama dengan restoran/rumah makan, 4) merekrut tenaga kerja untuk pemasaran (promosi) dan administrasi usaha, 5) mempertahankan kontinuitas produksi, 6) menjalin kerjasama dengan pemasok dan membina hubungan baik dengan pelanggan, 7) menjalin kerjasama dengan pihak ketiga dalam hal pendanaan dan jasa pengiriman barang. Dari ketujuh alternatif strategi tersebut diperoleh skor TAS tertinggi 6,522 yaitu memperluas jaringan pasar dengan beriklan dan bekerja sama dengan restoran/rumah makan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniawati, DewiNIDN0013017904
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Usaha Kerupuk Puli
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Rahma Kurniawati
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:20
Last Modified: 04 Aug 2022 08:21
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14371

Actions (login required)

View Item View Item