Identifikasi Gulma Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Di Lahan Gambut Blok I3 Divisi III PT. Mananjung Hayak Kalimantan Tengah

Aliza, Alya Nur (2022) Identifikasi Gulma Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Di Lahan Gambut Blok I3 Divisi III PT. Mananjung Hayak Kalimantan Tengah. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (64kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (21kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (133kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
TA Full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) merupakan tanaman yang menghasilkan minyak nabati yang telah menjadi komoditas pertanian utama yang unggul di Indonesia. Gulma merupakan tumbuhan yang memberikan dampak negatif bagi pertumbuhan tanaman budidaya, dalam budidaya kelapa sawit di pastikan sebelum pengendalian gulma kita mengetahui jenis-jenis gulma dan kerapatan gulma pada lahan gambut. Analisis gulma bertujuan untuk mengetahui keragaman gulma dan menetapkan jenis gulma yang dominan pada perkebunan kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di lahan gambut Blok I3 Divisi III PT. Mananjung Hayak Kalimantan Tengah. Kegiatan ini dilakukan guna mempermudah pengendalian gulma secara tepat sasaran. Penelitian ini dilakukan di PT. Mananjung Hayak Kalimantan Tengah pada bulan September 2021 sampai dengan Januari 2022. Kegiatan ini merupakan analisis gulma dengan metoda identifikasi gulma yang tumbuh di lahan kelapa sawit pada lahan gambut untuk memperoleh data primer. Berdasarkan hasil analisis gulma pada lahan gambut di Blok I3 Divisi III PT. Mananjung Hayak Kalimantan Tengah diperoleh Komposisi gulma lahan gambut di blok I3 di Divisi 3 dengan luas 31,20 terdiri dari bentuk gulma daun lebar, gulma daun sempit, gulma paku – pakuan dan gulma berkayu. Jenis-jenis gulma yang teridentifikasi antara lain 8 jenis gulma berdaun lebar, 6 jenis gulma berdaun sempit, 2 jenis gulma paku – pakuan dan 2 jenis gulma berkayu. Jenis gulma yang terbanyak ditemukan yaitu gulma maman lanang (Cleome rutidosperma) sebanyak 180 jenis dari familia Cleomaceae.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTriwidiarto, CherryNIDN0019035904
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Alya Nur Aliza
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:19
Last Modified: 04 Aug 2022 04:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13998

Actions (login required)

View Item View Item