Pembuatan Media Ar (Augmented Reality) Berbasis Android Sebagai Pengganti Alat Peraga Dalam Pembelajaran Ipa Kurikulum 2013 Mi Al-Husna

Romadoni, Abil Fiaz Ibnu (2022) Pembuatan Media Ar (Augmented Reality) Berbasis Android Sebagai Pengganti Alat Peraga Dalam Pembelajaran Ipa Kurikulum 2013 Mi Al-Husna. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
04_RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (122kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
07_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (130kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E31190801_Laporan_Penuh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu lembaga yang mengajarkan pelajaran IPA adalah MI Al-Husna yang beralamatkan di Gambiran Kalisat. Sekolah tersebut menggunakan kurikulum 2013 dan mengajarkan pelajaran IPA kepada siswa dan siswi kelas VI. Saat ini kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema- tema tertentu, dalam pengertian lain Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik. Seiring perkembangan zaman yang modern ini kegiatan pembelajaran tidak hanya dilakukan secara tatap muka akan tetapi bias dilakukan via online. Salah satu media yang dapat digunakan untuk pembelajaran via online adalah android. Android merupakan media yang digemari kebanyakan anak-anak dijaman yang modern ini. Hampir semua orang, terutama anak-anak millennial selalu membawa android dimanapun dan kapanpun mereka pergi. Salah satu media android yang bisa digunakan untuk pembelajaran biologi adalah aplikasi AR Augmented Reality. Oleh karena itu, maka dibutuhkan adanya media pembelajaran yang menarik sehingga mampu meningkatkan semangat belajar siswa pada pelajaran biologi sehingga dapat meingkatkan kualitas dan hasil pembelajaran yang baik. Salah satu media yang bisa digunakan adalah AR, karena dengan media AR siswa seperti melihat secara langsung objek yang dipelajari seperti organ-organ tubuh binatang. Berdasarkan hal tersebut, maka dibuatlah judul tugas akhir “Pembuatan media ar (augmented reality) berbasis android sebagai pengganti alat peraga dalam pembelajaran ipa kurikulum 2013 mi al-husna”. Dengan adanya media AR ini diharapkan siswa-siswi MI Al-Husna Kecamatan Kalisat kelas VI memiliki semangat belajar dan bekal ilmu biologi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDewanto, Wahyu KurniaNIDN0008047103
Uncontrolled Keywords: Media AR, Augmented Reality, Alat Peraga, Pembelajaran.
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Abil Fiaz Ibnu Romadoni
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:24
Last Modified: 02 Aug 2022 00:58
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13939

Actions (login required)

View Item View Item