Aplikasi Agens Hayati Pseudomonas FLUORESCENS Dan Pupuk Organik (Jp4o) Pada Tanaman Padi Di Pt. Sirtanio Organik Indonesia Kabupaten Banyuwangi

Saputri, Desi Ribut (2022) Aplikasi Agens Hayati Pseudomonas FLUORESCENS Dan Pupuk Organik (Jp4o) Pada Tanaman Padi Di Pt. Sirtanio Organik Indonesia Kabupaten Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (96kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (161kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A42181338_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang di laksanakan di PT. Sirtanio Organik Indonesia yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertanian khususnya pada budidaya tanaman pangan yaitu padi dengan sistem pertanian organik. Pertanian organik merupakan suatu solusi dalam pemenuhan suatu produk tanaman yang sehat dan tidak menggunakan input bahan kimia sintetik. Di lahan petani mitra PT. Sirtanio Organik Indonesia yang awal lahannya konvensinal diperlukan perbaikan tanah agar lahan tersebut sesuai standar yang telah ditetapkan untuk digunakan budidaya pertanian organik tanaman padi. Untuk meningkatkan kesuburan tanah dan pengendalian hama yang dilakukan oleh PT. Sirtanio Organik Indonesia adalah dengan pengaplikasian agens hayati Pseudomonas fluorescens dan pupuk organik JP4o. Bakteri Pseudomonas fluorescens yang merupakan bakteri antagonis yang berfungsi mampu mengurai bahan organik dan mengoptimalkan penyerapan unsur hara sehingga apabila dikombinasikan dengan pupuk organik JP4o diharapkan ion-ion mineral yang terkandung di dalam pupuk organik mudah diserap oleh tanaman padi. Selain itu bakteri Pseudomonas fluorescens juga bisa digunakan sebagai agens pengendali patogen tanaman dan mengfiksasi N serta mampu melarutkan phospor. Budidaya pertanian organik tidak menggunakan bahan kimia sintetik tetapi menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan sehingga menekan biaya produksi Berdasarkan pergitungan analisis usaha tani di PT. Sirtanio Organik Indonesia, dimana total BEP Harga sebesar Rp. 2.129, BEP Produksi sebesar 2.168 Kg, serta R/C Ratio sebesar 2,54 dan B/C Ratio sebesar 1,54.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhklisin, IlhamNIP198701292020121004
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Agens Hayati Pseudomonas FLUORESCENS Dan Pupuk Organik (Jp4o) Pada Tanaman Padi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Desi Ribut Saputri
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:08
Last Modified: 18 Jul 2022 02:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13516

Actions (login required)

View Item View Item