Perbedaan Ras Kambing (PE Kaligesing dan PE Senduro) Terhadap Pertumbuhan Anak Kambing Mulai dari Lahir sampai dengan Sapih

Fitriyah, Ana (2022) Perbedaan Ras Kambing (PE Kaligesing dan PE Senduro) Terhadap Pertumbuhan Anak Kambing Mulai dari Lahir sampai dengan Sapih. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (54kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (77kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN TA BARU 2 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy

Abstract

Kambing merupakan ternak ruminansia kecil yang potensial untuk diusahakan secara komersial. Kambing Peranakan Etawa (PE) merupakan salah satu kambing lokal Indonesia hasil persilangan dari kambing Jamnapari asal India dengan kambing Kacang asal Indonesia. Kambing PE terdiri dari dua ras yakni PE Kaligesing dan PE Senduro. Populasi anak kambing PE di UPT PT dan HMT Malang pada bulan Desember sebanyak 68 ekor. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi ukuran tubuh anak kambing PE Kaligesing dan PE Senduro di UPT PT dan HMT Malang dilihat dari bobot lahir, bobot sapih, panjang badan, tinggi badan, lingkar dada, dan panjang telinga. Pengamatan ini dilakukan selama 2 bulan dimulai pada Oktober-Desember 2021di UPT PT dan HMT Malang. Bahan yang digunakan yaitu anak kambing PE Kaligesing dan PE Senduro masing-masing sebanyak 13 ekor. Lokasi berada di kandang induk dan anak UPT PT dan HMT Malang. Pengambilan data pada pengamatan ini berupa data primer (bobot sapih, panjang badan, tinggi badan, lingkar dada, dan panjang telinga) dan data sekunder berupa bobot lahir diperoleh dari recording kelahiran. Hasil Uji T menunjukkan tidak terdapat perbedaan nyata antara ukuran (P>0.05) tubuh anak kambing PE Kaligesing dengan PE Senduro. Hal tersebut dikarenakan kambing PE Kaligesing dan PE Senduro merupakan hasil persilangan antara kambing Etawah dengan kambing Kacang. Namun berdasarkan hasil statistik bobot lahir, bobot sapih, panjang badan, tinggi badan, dan lingkar dada anak kambing PE Kaligesing lebih tinggi daripada PE Senduro (PE Kaligesing>PE Senduro) karena kambing PE Kaligesing memiliki komponen genetik kambing Etawah dan Kacang sedangkan PE Senduro memiliki komponen genetik Etawah, Kacang, dan Jawarandu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSubagja, HariadiNIDN0013127002
Uncontrolled Keywords: Anak Kambing, PE Kaligesing dan PE Senduro
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > PKL
Depositing User: Ana Fitriyah
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:13
Last Modified: 28 Jun 2022 04:14
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12770

Actions (login required)

View Item View Item