Penerapan Scheduling Penggantian Spare Part Mesin Filler Terhadap Overall Equipment Effectiveness (Oee) Pada Pt. Madusari Nusaperdana Kabupaten Boyolali

Putri, Leugya Septritine (2022) Penerapan Scheduling Penggantian Spare Part Mesin Filler Terhadap Overall Equipment Effectiveness (Oee) Pada Pt. Madusari Nusaperdana Kabupaten Boyolali. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
5. HALAMAN RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (12kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D41170515-LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PT. Madusari Nusaperdana merupakan salah satu Industri manufaktur yang bergerak dalam bidang pengolahan daging menjadi produk sosis siap santap (S3). PT. Madusari Nusaperdana menjalankan semua proses produksi sesuai dengan Standart Operasional prosedure (SOP), serta juga sudah mengimplementasikan GMP, HACCP, memiliki sertifikasi Halal, BPOM dan ISO 22000:2005 (Food Safety Management System). Dalam memenuhi tingginya permintaan produk sosis, PT. Madusari Nusaperdana memerlukan kinerja mesin yang optimal untuk meningkatkan produktivitas produksinya. Oleh sebab itu sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas diperlukan perawatan mesin agar kondisi mesin tetap prima tanpa mengganti mesin tersebut. Menjaga kondisi mesin agar tetap optimal diperlukan agar tidak terjadi breakdown (kerusakan mesin) yang menyebabkan downtime pada mesin produksi dengan cara, mengganti spare part secara rutin untuk meningkatkan efektivitas kinerja mesin. Dalam hal ini Departemen Teknik merupakan wadah perusahaan yang berperan dalam pemeliharaan (maintance) mesin dan perbaikan mesin. Salah satu tugas departemen teknik adalah berperan dalam kegiatan yang berhubungan dengan mesin dan sumber energy yang digunakan dalam proses produksi. Kegiatan praktik kerja lapang ini bertujuan untuk (1) Dapat merancang jadwal penggantian (scheduling) spare part berdasarkan perhitungan umur pemakaian spare part mesin filler yang ada di PT. Madusari Nusaperdana. (2) Dapat mengetahui penentuan scheduling penggantian spare part terhadap Overall Equipment Effectiveness (OEE). Kegiatan PKL ini dilakukan di Departemen Teknik. Aktivitas yang dilakukan adalah mengolah data pemakaian spare part mesin filler dengan vii mengklasifikasikan spare part yang sering diganti (diperoleh 5 item spare part), kemudian melakukan perhitungan untuk mengetahui umur pemakaian spare part. Selanjutnya pembuatan form penjadwalan penggantian spare part untuk dilakukan penggantian secara rutin berdasarkan perhitungan umur pemakaian spare part. Hasil dari form penjadwalan penggantian spare part diperoleh presentase di bawah 10% untuk 3 item spare part dan presentase di atas 10% untuk 2 item spare part. Artinya untuk 3 item spare part di bawah 10% sesuai dengan umur pemakaian / jadwal, sedangkan untuk 2 item spare part di atas 10% belum efektif. Berdasarkan hasil perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) dapat disimpulkan jika penggantian sapre part untuk 2 item spare part presentase diatas 10%, sesuai dengan jadwal dan tidak ada penggantian tidak terencana (unplanned) maka OEE seharusnya bernilai 74,85% atau meningkat sebesar 0,21% dari OEE sebelumnya.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDjamali, R AbdoelNIDN0019116603
Uncontrolled Keywords: Penerapan Scheduling Penggantian Spare Part Mesin Filler Terhadap Overall Equipment Effectiveness (Oee)
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Leugya Septritine Putri
Date Deposited: 21 Jun 2022 00:44
Last Modified: 21 Jun 2022 00:45
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12749

Actions (login required)

View Item View Item