Validasi Lama Waktu Pengeringan Kadar Air Dan Penilaian Efektivitas Larutan Pengencer Pengujian Mikrobiologi Dan Kimia Pada Produk Nugget (Studi Kasus Di Pt. Charoen Pokphand Food Division Ngoro Mojokerto)

Aziz, Frieska Fatima (2020) Validasi Lama Waktu Pengeringan Kadar Air Dan Penilaian Efektivitas Larutan Pengencer Pengujian Mikrobiologi Dan Kimia Pada Produk Nugget (Studi Kasus Di Pt. Charoen Pokphand Food Division Ngoro Mojokerto). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Bab.1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (200kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (314kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
28. B32170979_LAPORAN AKHIR LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Validasi Metode Kimia Dan Penilaian Efektivitas Jenis Media Pengencer Pengujian Mikrobiologi Dan Kimia Pada Produk Nugget, Frieska Fatima Aziz, Nim B32170979, Tahun 2020, 51 hlm., Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Dr. Yossi Wibisono, S.TP., M.P (Pembimbing 1), Denny Kurniawati, S.TP., M.Agr (Pembimbing 2). PT. Charoen Pokphand Indonesia Food Division unit Ngoro merupakan suatu industri pangan yang bergerak pada bahan olahan dari daging ayam. Perusahaan memiliki merk dagang yaitu golden fiesta, fiesta, champ, akumo dan okey. Masing-masing merk tersebut dibuat dengan formulasi yang berbeda, dimana formulasi yang diberikan disesuaikan dengan grade atau tingkatan nugget. Validasi merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk membuktikan bahwa suatu metode yang dilakukan adalah metode yang valid. Lama waktu pengeringan kadar air merupakan salah satu parameter yang harus divalidasi, hal tersebut berkaitan dengan PT. Charoen Pokphand bukan hanya memproduksi 1 jenis brand melainkan terdapat banyak brand. Selain pengujian kimia perusahaan juga melakukan pengujian mikrobiologi dan kimia. Proses pengujian dilakukan dengan menggunakan larutan KH2PO4, beberapa jurnal menjelaskan bahwa pengujian dapat dilakukan dengan menggunakan Buffered Peptone Water, Vagatable Peptone dan aquades. Perbedaan jenis pengencer tersebut perlu dilakukan pengujian mikrobiologi dan kimia khususnya pada produk nugget yang di produksi di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi lama waktu pengeringan kadar air dan mengetahui perbedaan penggunaan jenis larutan pengencer khususnya pada produk nugget yang di produksi di PT. Charoen Pokphand. Penelitian dilakukan pada bulan November-Desember 2019 di Laboratorium perusahaan. Parameter pengujian meliputi pengujian TPC, Enterobacteriaceae dan pH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi lama waktu pengeringan kadar air pada nugget champ, okey dan akumo dapat dilakukan dengan waktu 4 jam. Hasil penelitian efektivitas penggunaan larutan pengencer terhadap pengujian nugget menunjukkan bahwa pengujian TPC dengan menggunakan larutan pengencer KH2PO4, Buffered Peptone Water , Veggiettones Vagtable Peptone dan aquades memiliki efektivitas yang sama terhadap pertumbuhan bakteri baik pada nugget champ, okey dan akumo. Pengujian Enterobacteriacea dengan menggunakan jenis larutan yang berbeda memiliki efektivitas pertumbuhan yang sama, dimana pada semua brand tidak terdapat adanya pertumbuhan bakteri. Hasil pengujian pH menunjukkan bahwa masing-masing larutan pengencer berpengaruh nyata terhadap pengujian pH, jenis brand nugget dan interaksi antara jenis larutan pengencer dan brand nugget tidak berpengaruh nyata terhadap pengujian pH.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWahyono, AgungNIDN0029127301
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 183 - Ekonomi Pertanian
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Abd. Rahman
Date Deposited: 12 May 2022 04:02
Last Modified: 29 Aug 2023 03:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12186

Actions (login required)

View Item View Item