Pemangkasan Tanaman Kakao (Theobroma cacao L.) Bulk di PTPN XII Kebun Kendeng Lembu Afdeling Gentengan Glenmore – Banyuwangi

Agusta, Fennaldy Bambang (2022) Pemangkasan Tanaman Kakao (Theobroma cacao L.) Bulk di PTPN XII Kebun Kendeng Lembu Afdeling Gentengan Glenmore – Banyuwangi. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
1. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (500kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (599kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (457kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full text PKL 2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kakao merupakan komoditas perkebunan yang menunjang perekonomian Indonesia terutama penyedia sumber lapangan pekerjaan, sumber pendapatan petani, dan penghasil devisa negara. Tetapi dalam budidaya tanaman kakao ada masalah yang harus dihadapi antara lain, produktivitas, serangan hama atau penyakit dan penanganan pasca panen. Dalam hal itu perlu adanya penanganan terhadap pemeliharaan untuk menjaga produktivitas tanaman kakao. pemeliharaan tanaman kakao salah satunya pemangkasan. Pemangkasan merupakan kegiatan memangkas bagian cabang, ranting, dan daun yang tidak diinginkan. Pemangkasan bertujuan secara umum untuk menjaga kelembaban serta terjadinya kompetisi unsur hara antara tunas air dengan batang primer atau utama. Tanaman kakao pada saat fase vegetatif dilakukan pemangkasan untuk membentuk frame sehingga tanaman memiliki percabangan yang seimbang dan kokoh. Sedangkan tanaman kakao pada fase generatif pemangkasan difungsikan untuk merangsang pembentukan bunga. Pemangkasan yang baik dan benar dapat menciptakan lingkungan kebun yang sehat dan hasil yang maksimal serta menjaga produktivitas tanaman kakao tetap berkelanjutan. Pemangkasan terbagi atas 3 macam antara lain, pangkas bentuk, pangkas pemeliharaan, pangkas produksi. Dalam kegiatan Praktik Kerja Lapang yang dilakukan di Kebun Kendeng Lembu, Glenmore Banyuwangi memiliki tujuan untuk mengetahui time frame dalam pemangkasan tanaman kakao sehingga mendapatkan hasil yang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFatimah, TitienNIDN0001106103
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Fennaldy Bambang Agusta
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:10
Last Modified: 21 Apr 2022 01:32
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12013

Actions (login required)

View Item View Item