MANAJEMEN PENANGANAN PANEN DAN PASCA PANEN TANAMAN INCA LILI (Alstroemeria sp.) DI PT WAHANA KHARISMA FLORA KOTA BATU – JAWA TIMUR

Umamah, Muthi’atul (2019) MANAJEMEN PENANGANAN PANEN DAN PASCA PANEN TANAMAN INCA LILI (Alstroemeria sp.) DI PT WAHANA KHARISMA FLORA KOTA BATU – JAWA TIMUR. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Jember. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
4. D31161508_RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (134kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
9. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (25kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (75kB)
[img] Text (Full Text)
D31161508_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RINGKASAN Manajemen Penanganan Panen dan Pasca Panen Tanaman Inca Lili (Alstroemeria Sp.) di PT Wahana Kharisma FloraKota Batu – Jawa Timur. Muthi’atul Umamah D31161508, Tahun 2019, 51 Halaman, Manajemen Agribisnis Poltineknik Negeri Jember, Rizal Perlambang CNAWP, SE, MP (Dosen Pembimbing ), Pariyanto (Kepala Kebun) Usaha tanaman hias dan bunga potong merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang agribisnis florikultur. Tanaman Inca Lili (Alstroemaria sp.) merupakan jenis tanaman hias bunga potong yang dimanfaatkan bunga nya. Tanaman Inca Lili (Alstroemeria sp.) berasal dari Amerika Selatan, dengan Chili dan Brasil sebagai pusat keragaman utama Tanaman Alstroemaria. Tanaman inca lili ini sering disebut sebagai Peruvian lili. Hal ini karena bunga ini berasal dari daratan Peru kawasan Brazil. Inca lili termasuk dalam family Alstroemeriaceae dengan nama latin Alstroemeria sp. Kondisi agroklimat yang cocok untuk tumbuhnya inca lili yaitu pada ketinggian 400-1500 m dpl dengan insentisitas cahaya sebesar 25- 50% dan temperatur 15-25º C dengan kelembapan udara mulai dari 70-90%. Sistem perbanyakan pada tanaman inca lili sama halnya dengan bunga lili pada kebanyakan yaitu menggunakan menggunakan rhizhobium , pemisah rumpun sera kultur jaringan. PT Wahana Kharisma Flora merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri bunga potong yang berdiri sejak tahun 1990. Tanaman Inca Lili (Alstroemeria sp.) merupakan salah satu Tanaman yang dibudidayakan di PT Wahana Kharisma Flora. Ada 5 jenis kultivar tanaman alstroemeria yang berhasil dikembangkan di perusahaan ini yaitu Alstroemeria salem (pluto), Alstroemeria putih (capri), Alstroemeria ungu (marina), Alstroemeria pink (flamengo), Alstroemeria merah (ibizi). Perawatan atau pemeliharaam manajemen on farm merupakan salah kegiatan penting untuk merawat bunga sebelum dipanen. seluruh kegiatan budidaya dilakukan sesuai dengan Standart Operasional (SOP) yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Salah satu kegiatan budidaya yang paling penting selain perawatan juga perlu diperhatikan yaitu kegiatan penanganan panen dan pasca panen untuk menjaga kesegaran bunga sebelum sampai pada tangan konsumen. Kegiatan panen yang dilakukan meliputi pra panen dan panen tanaman alstroemeria. Selanjutnya adalah kegiatan pasca panen yaitu persiapan pasca panen, pengemasan dan pemasaran. Jumlah permintaan pesanan bunga setiap harinya harus dikirim ke seluruh jaringan PT Wahana Kharisma Flora yang tersebar di kota-kota penting di Jawa Timur dan Bali.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPerlambang, RizalNIDN0016067307
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Theresia
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:43
Last Modified: 24 Feb 2022 03:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item