Implementasi Otomatisasi Jaringan Server Menggunakan Ansible Studi Kasus Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang

Ahmad, Gulam Mubarik (2022) Implementasi Otomatisasi Jaringan Server Menggunakan Ansible Studi Kasus Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (34kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (130kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap fix2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi Otomatisasi Jaringan Server Menggunakan Ansible (Studi Kasus Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lumajang). Gulam Mubarik Ahmad, E41180359, Tahun 2022, Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Ery Setiyawan Jullev Atmaji, S.Kom, M.Cs (Dosen Pembimbing PKL), Yuli Annisa Haryono SST. Par (Pembimbing Lapang). Kegiatan yang dilakukan pada saat Praktik Kerja Lapang di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang adalah mempelajari tentang Otomatisasi jaringan menggunakan ansible dan Implementasi menggunakan Server Ubuntu. Otomatisasi Jaringan adalah salah satu komponen dari solusi manajemen jaringan yang menyediakan pendekatan otomatis seluruh domain manajemen jaringan. Pada dasarnya otomatisasi jaringan yang akan diterapkan harus mampu mengakomodir kebutuhan manajemen perubahan pada konfigurasi jaringan. Ansible adalah mesin otomatisasi Teknologi Informasi (TI) sederhana yang dapat mengotomatisasi cloud provisioning, manajemen konfigurasi, penerapan aplikasi, intra-service orchestration dan kebutuhan TI lainnya. Implementasi Otomatisasi Jaringan Server menggunakan Ansible ini bertujuan agar pihak Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lumajang mendapatkan gambaran dalam pengelolaan server yang lebih mudah dan terstruktur serta menghemat waktu untuk mengeksekusi proses konfigurasi atau deployment yang sama terhadap beberapa server yang ada di Kabupaten Lumajang.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorA, Ery Setiyawan JullevNIDN0010078903
Uncontrolled Keywords: ansible, otomatisasi dan implementasi
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > PKL
Depositing User: Gulam Mubarik Ahmad
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:58
Last Modified: 23 Feb 2022 03:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11052

Actions (login required)

View Item View Item