Rancang Bangun Sistem Informasi Rekomendasi Menu Harian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) Berdasarkan Kebutuhan Protein Optimal Menggunakan Fuzzy Mamdani

Daniswara, Aldo Daffa (2022) Rancang Bangun Sistem Informasi Rekomendasi Menu Harian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) Berdasarkan Kebutuhan Protein Optimal Menggunakan Fuzzy Mamdani. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text
G41172095 ALDO DAFFA DANISWARA - Abstract.pdf

Download (189kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
G41172095 ALDO DAFFA DANISWARA - BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (381kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G41172095 ALDO DAFFA DANISWARA - Full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
G41172095 ALDO DAFFA DANISWARA - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (162kB)

Abstract

Kekurangan Energi Protein (KEP) merupakan kondisi yang berbahaya pada bayi karena dapat mempengaruhi pertumbuhan kedepannya.Protein pada bayi usia 6 hingga 24 bulan dapat diterima dengan asupan MP-ASI dan pemberian ASI. Di Jawa Timur data menunjukkan pemberian MP-ASI yang tepat baru 74% dari 77% batas standarnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi yang dapat memberikan informasi menu MP-ASI menggunakan kandungan kalori dan protein yang optimal kepada orang tua bayi untuk anaknya. Penelitian berjenis research and development ini merancang sistem berdasarkan logika Fuzzy Mamdani untuk melakukan penghitungan menggunakan dasar inputan berupa jenis kelamin, usia dan berat badan yang hasilnya adalah nilai kebutuhan kalori dan protein bayi yang optimal. Pengujian sistem dilakukan melalui pengujian sistem white box yaitu menghitung cyclomatic complexity (CC) yang hasilnya digunakan untuk mecocokkan apakah independet path sudah sesuai penghitungan CC. Selain itu juga dilakukan evaluasi sistem bagi user dan dari hasil evaluasi yang didapat sebagian besar user menganggap sistem telah sesuai kebutuhan. Penelitian ini menghasilkan sistem yang dapat memberikan rekomendasi MP-ASI berkandung kalori dan protein yang sesuai kebutuhan bayi. Sistem masih dapat untuk terus dikembangkan dari segi entitas di dalam database hingga perekaman riwayat bayi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuna, NiyalatulNIDN0006129002
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Mamdani, MP-ASI, KEP, Whitebox
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: Aldo Daffa Daniswara
Date Deposited: 20 Feb 2022 23:53
Last Modified: 20 Feb 2022 23:55
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10792

Actions (login required)

View Item View Item