Standar Operasional Prosedur Sanitasi Buah Mangga Dalam Upaya Pengendalian Lalat Buah (Bactrocera Dorsalis) Di Pt. Trigatra Rajasa Kabupaten Situbondo

Oktaviana, One Eva (2022) Standar Operasional Prosedur Sanitasi Buah Mangga Dalam Upaya Pengendalian Lalat Buah (Bactrocera Dorsalis) Di Pt. Trigatra Rajasa Kabupaten Situbondo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31191852_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Situbondo merupakan daerah yang banyak terdapat perkebunan buah mangga dan merupakan sentra terbesar di Jawa Timur. Situbondo yang sebagian wilayahnya kering sangat cocok untuk dijadikan lahan pengembangan tanaman buah seperti mangga. Salah satu contoh sentra pengembangan buah mangga yang ada di Kabupaten Situbondo adalah PT. Trigatra Rajasa. PT. Trigatra Rajasa merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang perkebunan dan perdagangan, khususnya perkebunan mangga. Komoditi yang menjadi ciri khas di PT. Trigatra Rajasa adalah mangga jenis Arumanis 143, selain Arumanis 143 ada beberapa jenis lainnya yaitu Marifta, Ken Layung, Gedong Gincu, dan Manalagi. Manajemen perusahaan dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip budidaya yang tepat, pengendalian mutu buah sejak pembungaan hingga pasca panen. Sanitasi buah yang dilakukan di PT. Trigatra Rajasa merupakan salah satu cara untuk penanganan buah mangga yang tidak terpanen atau tidak layak panen sehingga akan dilakukan pemanfaatan lebih lanjut dan juga akan memberikan dampak untuk kebersihan areal itu sendiri serta mutu produksi buah mangga, dan sebagai upaya pengendalian lalat buah di PT. Trigatra Rajasa. Berdasarkan Praktik Kerja Lapang (PKL) yang telah dilaksanakan dapat diperoleh pengalaman serta pengetahuan tentang budidaya buah mangga yang baik, dimulai dari proses perawatan, penanganan pra panen, panen, penangan hasil panen hingga proses penjualan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCNAWP, RizalNIDN0016067307
Uncontrolled Keywords: Standar Operasional Prosedur Sanitasi Buah Mangga Dalam Upaya Pengendalian Lalat Buah (Bactrocera Dorsalis)
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: One Eva Oktaviana
Date Deposited: 11 Feb 2022 02:59
Last Modified: 11 Feb 2022 03:02
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10628

Actions (login required)

View Item View Item