Prospek Usaha Pembuatan Sirup dengan Bahan Baku Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa. L) Di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPT PATPH) Lebo-Sidoarjo

Ratnawati, Ratnawati Prospek Usaha Pembuatan Sirup dengan Bahan Baku Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa. L) Di UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPT PATPH) Lebo-Sidoarjo. Project Report. Politeknik Negeri Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan r (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan r.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (153kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka r.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (65kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap r (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang Program Diploma Tiga dilaksanakan pada semester 5 (lima). Kegiatan ini merupakan persyaratan mutlak kelulusan yang diikuti oleh mahasiswa polije yang dipersiapkan untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus di dunia industri sesuai bidang keahliannya.Tujuan Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah meningkatkan pengetahuan mahasiswa antara hubungan teori dengan penerapan di dunia kerja, meningkatkan wawasan terhadap pengembangan diri, dan melatih keterampilan dan pengalaman kerja terkait dengan bidang usaha yang dilakukan di tempat PKL. Sirup merupakan salah satu produk olahan cair yang dikonsumsi sebagian besar orang sebagai minuman pelepas dahaga. Sirup adalah sediaan pekat dalam air dari gula atau pengganti gula dengan atau tanpa bahan tambahan, bahan pewangi, dan zat aktif sebagai obat. Sirup mengandung paling sedikit 50% sukrosa dan biasanya 60-65%. Kelebihan sirup yaitu mudah dilarutkan dalam air, praktis dalam penyajian dan memiliki daya simpan yang relatif lama, mempermudah dalam mengkonsumsinya dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyajikannya (Hadiwijaya, 2013) Berdasarkan analisis kelayakan usaha yang telah dilakukan menggunakan analisis BEP dan R/C Ratio, usaha pembuatan sirup dengan bahan baku bunga rosella menghasilkan BEP (unit) 13 botol dari produksi 20 botol, nilai BEP (harga) sebesar Rp. 11.343 dengan harga jual Rp. 17.000 dan nilai R/C Ratio 1,50 maka usaha ini menguntungkan dan dapat dilanjutkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSutantio, R. AlamsyahNIDN0002026802
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Ratnawati Ratnawati
Date Deposited: 06 Feb 2022 03:07
Last Modified: 06 Feb 2022 03:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10356

Actions (login required)

View Item View Item