Produksi Dan Pemasaran Donat Kentang Kering Laporan Akhir Proyek Usaha Mandiri (PUM)

Kurniawati, Ayu (2020) Produksi Dan Pemasaran Donat Kentang Kering Laporan Akhir Proyek Usaha Mandiri (PUM). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
7. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (83kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (44kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (38kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B32171503_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Donat merupakan salah satu kue yang banyak digemari oleh masyarat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kue donat ini memiliki daya tahan yang rendah, sehingga diperlukan alternatif produk donat yang dapat bertahan lama yaitu diolah dengan pengeringan. Bentuk donat yang khas menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi konsumen. Banyaknya inovasi yang dilakukan terutama dibidang pangan, membuat munculnya ide untuk membuat donat kentang yang kering. Kelebihan dari produk donat kentang kering yaitu daya simpan yang lebih lama, tekstur yang remah dengan rasa manis. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan donat kentang kering meliputi pra produksi dan produksi. Proses produksi donat kentang kering terdiri dari beberapa tahap yaitu persiapan bahan, pencampuran bahan 1, pencampuran bahan 2, pemipihan dan pencetakan adonan, pengovenan, pemberian toping dan pengemasan, pelabelan. Produksi donat kentang kering direncanakan menghasilkan 200 kemasan dalam 10 kali produksi yang dijual dengan harga Rp 14.000. pemasaran donat kentang kering dilakukan secara langsung (konvensional) Proses pengovenan donat kentang kering dilakukan dengan menggunakan suhu 150oC selama 25 – 30 menit. Produksi donat kentang kering ini menghasilkan 171 kemasan dalam 10 kali produksi dengan harga jual Rp 14.000. pemasaran produk donat kentang kering dilakukan secara langsung. Penjualan secara konvensional sebanyak 93%, sementara 7% penjualan secara online. Keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 512.090 dengan laju keuntungan 27% dari penjualan donat kentang kering. B/C Ratio yang diperoleh sebesar 1.27, dari nilai B/C Ratio > 1 maka usha donat kentang kering tersebut layak untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniawati, EllyNIDN0028097302
Uncontrolled Keywords: donat, kentang
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Ayu Kurniawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:47
Last Modified: 28 Jan 2022 03:57
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/9867

Actions (login required)

View Item View Item