Produksi Dan Pemasaran Rengginang Mini Rasa Soto

Fitriana, Deria Ayu (2021) Produksi Dan Pemasaran Rengginang Mini Rasa Soto. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
1. B32180824 Deria Ayu Fitriana - Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (322kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
2. B32180824 Deria Ayu Fitriana - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (466kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
3. B32180824 Deria Ayu Fitriana - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (338kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
4. B32180824 Deria Ayu Fitriana - Full Text.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rengginang merupakan sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat dan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari sampai kering, lalu digoreng dalam minyak goreng panas. Bahan baku yang digunakan cukup mudah ditemukan. Rengginang biasanya memiliki rasa original, dengan penambahan udang atau ikan yang sudah sangat umum di masyarakat luas. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas produk agar menjadi lebih unik dan beda dengan produk sebelumnya. Penambahan inovasi pada Proyek Usaha Mandiri ini adalah dengan penambahan rasa soto dan bentuk mini. Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini bertujuan untuk mengetahui cara produksi yang optimal dan menganalisa kelayakan usaha rengginang mini rasa soto serta untuk mengetahui proses pemasaran yang baik dalam memasarkan rengginang mini rasa soto. Produksi dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2021 bertempat di rumah penulis. Metode pelaksanaan proyek usaha mandiri ini diawali dengan tahap survei pasar, pra produksi, produksi, dan analisa usaha. Parameter yang diamati yaitu lama pengukusan, rendemen (%), kerusakan (%), pengawasan mutu produk jadi, jumlah produk yang terjual (kemasan), lama penjualan produk (hari), uji mutu hedonik dan uji hedonik. Proses produksi rengginang mini rasa soto dilakukan selama 15 kali produksi dan menghasilkan total 243 kemasan. Setiap produksi menghasilkan 16-18 kemasan dengan berat bersih 100 gr yang dijual dengan harga Rp. 8.000/kemasan. Metode pemasaran yang dilakukan yaitu pemasaran secara konvensional dan pemasaran non konvensional (online). Penjualan produk rengginang mini rasa soto mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 1.944.000 dengan laju keuntungan 41,52%. R/C rasio sebesar 1,41 apabila nilai R/C rasio >1 maka usaha ini layak dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorApriliyanti, Mulia WinirsyaNIDN0010048804
Uncontrolled Keywords: kerupuk, rengginang mini, rasa soto
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan (Bondowoso) > Tugas Akhir
Depositing User: Deria Ayu Fitriana
Date Deposited: 19 Oct 2021 06:07
Last Modified: 22 Oct 2021 02:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/7355

Actions (login required)

View Item View Item