Produksi Dan Pemasaran Telur Asin Rasa Bawang Putih (Allium Sativum L.)

Romadhon, Rizki Cahya (2020) Produksi Dan Pemasaran Telur Asin Rasa Bawang Putih (Allium Sativum L.). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (159kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (163kB)
[img] Text (Full Text)
20. B32171520_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (994kB) | Request a copy

Abstract

Produksi dan Pemasaran Telur Asin Rasa Bawang Putih (Allium sativum L.), Rizki Cahya Romadhon, NIM B32171520, Tahun 2020, 45 hlm, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Mulia Winirsya A, S.TP, M.P (Pembimbing I) Telur asin merupakan salah satu produk olahan yang digemari oleh masyarakat karena penyajiaannya yang praktis, memiliki cita rasa yang enak dan bergizi tinggi serta dapat dijadikan sumber pengganti protein ayam ataupun daging. Disamping itu harga telur asin juga relatif terjangkau oleh masyarakat. Telur asin dapat dijadikan sebagai alternatif solusi untuk persediaan bahan pangan di rumah dalam menghadapi pandemi virus corona saat ini. Dibutuhkan sentuhan inovasi dalam pengolahan telur asin rasa baru yang belum banyak dijumpai masyarakat dengan tujuan agar telur asin tersebut memiliki harga jual yang lebih tinggi dan dapat bersaing dengan jenis pangan lauk-pauk lainnya, yaitu telur asin dengan rasa bawang putih. Penambahan bawang putih pada pembuatan telur asin ini akan memberikan cita rasa gurih dan aroma khas bawang putih. Hal ini juga merupakan salah satu upaya penganekaragaman cita rasa pada telur asin yang memungkinkan bertambahnya peminat telur asin serta berpotensi sebagai peluang usaha pedagang telur asin. Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini bertujuan untuk mengetahui cara produksi yang optimal dan menganalisa kelayakan usaha telur asin rasa bawang putih serta untuk mengetahui proses pemasaran yang baik dalam memasarkan telur asin rasa bawang putih. Produksi dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2020 bertempat di rumah penulis. Metode pelaksanaan proyek usaha mandiri ini diawali dengan tahap survei pasar, pra produksi, produksi, dan analisa usaha. Parameter yang diamati yaitu sifat organoleptik (hedonik dan mutu hedonik) serta kerusakan produk. Proses produksi telur asin rasa bawang putih dilakukan selama 15 kali produksi dan menghasilkan total 157 kemasan. Setiap produksi menghasilkan 9-13 kemasan dengan isi 3 butir per kemasan yang dijual dengan harga Rp. 10.000 per kemasan. Metode pemasaran yang dilakukan yaitu pemasaran secara langsung dengan cara konvensional menyumbang 53% produk terjual dibandingkan dengan pemasaran secara online 47%. Penjualan produk telur asin rasa bawang putih mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 135.682 dengan laju keuntungan 9,45%. B/C rasio sebesar 1,09 dimana apabila nilai B/C rasio >1 maka usaha ini layak untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorApriliyanti, Mulia WinirsyaNIDN0010048804
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Rizki Cahya Romadhon
Date Deposited: 08 Nov 2020 16:06
Last Modified: 09 Nov 2020 08:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item