Maskuron, Rosidatul (2021) Analisis Usaha Stik Edamame Di Desa Glagahwero Kecamatan Panti Kabupaten Jember Laporan Akhir. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (9kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (12kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (61kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
D31180228_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pelaksanaan tugas akhir ini bertujuan untuk melaksanakan proses produksi, melaksanakan pemasaran, dan melaksanakan analisis usaha dengan menggunakan metode. Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan di Desa Glagahwero Kecamatan Panti Kabupaten Jember selama 01 Januari sampai 30 April 2021. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini praktek langsung, menggunakan metode analisis Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), serta Return On Investment (ROI) dan metode bauran pemasaran. Hasil dari proses produksi dilakukan sebanyak 5 kali, dalam satu kali proses produksi dilakukan selama 3 jam dengan satu tenaga kerja. Hasil analisis usaha untuk satu kali produksi menghasilkan 33 bungkus, nilai tersebut lebih besar dibandingkan hasil perhitungan BEP (produksi) yang menghasilkan 23,13 bungkus, BEP (harga) Rp 5.541,99,- per bungkus dari harga jual Rp 7.000,00.- per bungkus, R/C Ratio 1,26, dan ROI 4,63%. Berdasarakan analisis diatas, maka dapat disimpulkan bahwa usaha stik edamame menguntungkan dan layak diusahakan. Pemasaran stik edamame menggunakan bauran pemsaran 4p (product, price, place, promotion). Hasil dari pemasaran produk edamame dengan berat 100 gram per bungkus yang dijual seharga Rp 7.000,00,- per bungkus. Produk dipasarkan di Kecamatan Panti secara langsung dan tidak langsung ke konsumen, pemasaran tidak langsung dengan mendistribusikan ke toko Ibu Novi dan Ibu Ti dan ke pedagang sayur Ibu Mida, Ibu Kom, dan Bapak Lutfi. Kegiatan promosi dilakukan dengan cara mengiklankan produk melalui media sosial whatsapp. Kata Kunci : BEP, R/C Ratio, ROI, Stik Edamame
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | BEP, R/C Ratio, ROI, Stik Edamame | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Rosidatul Maskuron | ||||||
Date Deposited: | 23 Aug 2021 06:04 | ||||||
Last Modified: | 23 Aug 2021 06:08 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/6188 |
Actions (login required)
View Item |