Perancangan Sistem Kronologis Kesalahan Petugas Pendaftaran Di Rsup Dr Kariadi Semarang

Suprayogy, Ameng Bagus (2021) Perancangan Sistem Kronologis Kesalahan Petugas Pendaftaran Di Rsup Dr Kariadi Semarang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (136kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (126kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN PKL INDIVIDU_Ameng Bagus S_G41170679_revisi-1-171.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dalam kegiatan PKL di RSUP Dr. Kariadi ditemukan bahwa terdapat kasus kesalahan petugas admisi dalam melakukan pendaftaran pasien. kesalahan tersebut yaitu salah memasukkan nomor rekam medis pasien. Menurut responden kesalahan tersebut terjadi dalam lingkup kasus pasien yang memiliki 2 nomor rekam medis. Akibatnya petugas dapat melakukan kesalahan input nomor rekam medis pasien. Kesalahan input nomor rekam medis pasien saatpendaftaran dapat berakibat pada proses pelayanan selanjutnya dan juga mempengaruhi kesinambungan pencatatan data medis pasien. RSUP. Dr. Kariadi telah membuat langkah penyelesaian masalah tersebut dengan membuat form kronologis. Apabila petugas admisi melakukan kesalahan tersebut, maka petugas melaporkan kejadian tersebut dan meminta form kronologis untuk mengisi detail kesalahan yang dilakukan. Setelah itu, form yang sudah diisi akan diserahkan kepada admin TI untuk diperbaiki. Namun untuk saat ini, proses tersebut dilakukan secara manual. Kegiatan pelaporan kesalahan dan pengajuan form kronologis yang dilakukan secara manual dapat memakan waktu yang banyak, karena petugas yang bersangkutan harus melaporkan kesalahan tersebut kepada atasan dan meminta form tersebut. Setelah itu form masih harus dikirimkan ke admin TI untuk dilakukan perbaikan kesalahan. Berkaca pada standar nasional akreditasi rumah sakit edisi 1, standar manajemen rumah sakit, Manajemen Informasi dan Rekam Medis (MIRM), standar MIRM 3 penggunaan formulir kertas untuk kronologis petugas dirasa masih belum sesuai. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu dilakukan perancangan sistem kronologis kejadian untuk petugas pendaftaran. Proses perancangan sistem ini diawali dengan identifikasi kebutuhan sistem, menentukan alternatif pemecahan masalah, dan membuat perancangan sistem kronologis petugas pendaftaran. Hasil dari perancangan ini diperoleh flowchart kegiatan, flowchart sistem, desain ERD, desain DFD, dan desain interface yang telah disesuaikan berdasarkan 3 kategori user (petugas pendaftaran, kepala bagian (penanggungjawab pelayanan dan mutu pelayanan), dan admin TI).

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFarlinda, SustinNIDN0004027201
Uncontrolled Keywords: Form Kronologis, Pendaftaran, dan Sistem Informasi
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Ameng Bagus Suprayogy
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:38
Last Modified: 27 Jul 2021 06:39
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/5664

Actions (login required)

View Item View Item