Pratama, Irza Feby (2021) Analisis Faktor - Faktor Penyebab Klaim Pending Di Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Provinsi Jawa Tengah. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
05. RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (415kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
11. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (395kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (421kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
irza feby pratama_REVISI.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Menurut undang - undang Nomor 44 tentang Rumah Sakit, Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Selain itu, sarana pelayanan kesehatan juga mempunyai kewajiban administrasi untuk membuat serta memelihara rekam medis. Rumah Sakit diselenggarakan berdasarkan pancasila dan berdasarkan nilai kemanusiaan, etika dan profesionalitas, manfaat, keadilan Persamaan hak dan antideskriminasi, pemerataan , perlindungan dan keselamatan pasien serta mempunyai fungsi sosial. Rumah Sakit mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. Sejak tanggal 1 Januari 2014 pemerintah secara resmi memberlakukan program jaminan kesehatan (JKN). Demikian dengan BPJS juga mulai diberlakukan untuk menyelenggarakan program tersebut. Tujuan diberlakukan program ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat yang layak dan diberikan kepada setiap orang yang terdaftar dan telah membayar premi atau preminya dibayarkan oleh pemerintah. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. Jaminan sosial adalah salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak. Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo merupakan salah satu rumah sakit tipe B pendidikan yang telah bekerja sama dengan pihak BPJS sejak tahun 2014. terdapat 624 pasien dan terdapat pengembalian berkas yang perlu direvisi sebanyak 154 pasien pada bulan februari 2021. Penyebab keterlambatan penyerahan klaim pada pelaksana klaim BPJS di RUSD Tugurejo Terdapat 5 faktor dalam unsur manajemen, yaitu faktor man (pengetahuan), material (Kelengkapan formulir berkas rekam medis), method (Standart Operasional Prosedure/SOP), machine (Peralatan yang digunakan untuk proses klaim BPJS), dan money (Keuangan Rumah Sakit). Hasil dari penelitian ini adalah Analisis Faktor – Faktor Penyebab Klaim Pending Di Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Provinsi Jawa Tengah. Saran dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam faktor 5m diantara nya yaitu untuk Man lebih ditingkatkan pengetahuan, Material mengingatkan kembali kepada pihak dokter untuk memeriksa kembali terkait kelengkapan berkas, Method membuat SOP pengkodingan khusus BPJS terkait aturan pengkodingan INA-CBG’s, Machine memperbarui sistem penyimpanan agar tidak lamban untuk komputer yang digunakan proses klaim dan untuk jaringan dapat ditingkatkan kembali kecepatan aksesnya, Money tidak ada kerugian dalam hal ini akan tetapi pembayaran mengalami pending dan akan dibayarkan setelah berkas direvisi, dan terlebih dahulu untuk memperbaiki keslahan agar tidak terjadi revisi atau klaim pending
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Klaim Pending Rekam Medis | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 352 - Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Kesehatan Kerja; Hiperkes) 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 355 - Epidemiologi 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 357 - Promosi Kesehatan 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan |
||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL | ||||||
Depositing User: | Irza Feby Pratama | ||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2021 06:30 | ||||||
Last Modified: | 22 Jul 2021 04:43 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/5429 |
Actions (login required)
View Item |