Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Unit Pendaftaran Rawat Jalan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di RSUD dr.Saiful Anwar Provinsi Jawa Timur

Aidiana, Naila Alfi (2024) Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Unit Pendaftaran Rawat Jalan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di RSUD dr.Saiful Anwar Provinsi Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (154kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (309kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap Naila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

RSUD dr. Saiful Anwar Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu Rumah Sakit Tipe A Pendidikan yang sudah mengimplementasikan Sistem Issnformasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sejak tahun 2020 pada Gawat Darurat, Rawat Jalan dan Rawat Inap, dan hanya pada Rawat Jalan penerapan Rekam Medis Elektronik sudah sepenuhnya dilakukan salah satunya dibagian pendaftran. Namun berdasarkan hasil observasi masih ditemukan beberapa masalah seperti banyaknya NIK kosong serta terjadinya duplikasi rekam medis. Adanya permasalahan tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit pada Unit Pendaftaran Rawat Jalan.Evaluasi SIMRS di Unit Pendaftaran Rawat Jalan di RSUD Dr. Saiful Anwar Provinsi Jawa Timur dapat menggunakan metode Model End User Computing Satisfaction (EUCS). Model End User Computing Satisfaction (EUCS) merupakan salah satu teknik untuk menganalisis kepuasan pengguna terhadap sistem. Metode EUCS mengevaluasi berdasarkan 5 dimensi yaitu berdasarkan dimensi isi(Content), keakuratan (Accuracy), tampilan (Format), ketepatan waktu (Timelines) dan kemudahan penggunaan sistem (Ease Of Use ). Penelitian ini melibatkan 6 responden yang berhubungan dengan SIMRS Pendaftaran Rawat Jalan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan diketahui hasil kepuasan pengguna dimensi Content (isi) pengguna belum puas terhadap SIMRS karena isi dari SIMRS belum lengkap terkait fitur kolom required pada setiap item serta masih perlu penambahan subvariabel dari item rujukan yang belum dan menghapus item yang tidak digunakan, hasil kepuasan pengguna dimensi Accuracy (keakuratan)pengguna belum puas hal ini dikarenakan masih kesalahan output yaitu terjadi duplikasi rekam medis, dari Dimensi Format (tampilan) pengguna belum puas terhadap SIMRS karena tampilan yang kurang menarik serta struktur menu dan isi yang tidak teratur, dimensi Timeliness (ketepatan waktu) SIMRS Unit Pendaftaran berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan pengguna sudah puas terhadap SIMRS. Hal ini karena SIMRS sudah dapat diakses dengan cepat, dimensi Ease Of Use (kemudahan pengguna) pengguna sudah puas terhadap SIMRS karena sudah mudah digunakan namun tetap diperlukan help menu dan manual book untuk lebih memudahkan petugas

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSanti, Maya WekaNIDN0015059202
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, EUCS, Pendaftaran, SIMRS,
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Naila Alfi A
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:04
Last Modified: 09 Sep 2025 06:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46834

Actions (login required)

View Item View Item