Analisis Usaha Kacang Sembunyi Coklat Glaze di Desa Karangsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang

Kholisa, Fitri Nur (2025) Analisis Usaha Kacang Sembunyi Coklat Glaze di Desa Karangsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (146kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (193kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (147kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Tugas Akhir - D31221502.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kacang sembunyi merupakan salah satu produk makanan ringan yang sudah dikenal dikalangan masyarakat Indonesia. Tetapi kebanyakan kacang sembunyi yang ditemui biasanya rasa original. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah diversifikasi produk dengan mencoba membuat kacang sembunyi varian rasa coklat. Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengetahui proses pembuatan, analisis usaha, pemasaran produk kacang sembunyi coklat glaze. Pelaksanaan kegiatan tugas akhir ini berlangsung selama 4 bulan terhitung dari tanggal 03 November 2024 sampai 3 Maret 2025 yang bertempat di Desa Karangsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Produksi usaha kacang sembunyi coklat glaze ini dilakukan sebanyak 5 kali. Kegiatan produksi ini dapat menghasilkan sebanyak 30 kemasan dengan berat 150 g yang dijual dengan harga Rp 12.000. Mengetahui sejauh mana suatu usaha dapat memberikan manfaat, maka diperlukan suatu analisis usaha agar dapat diketahui apakah usaha tersebut menguntungkan atau merugikan. Tugas akhir ini menggunakan 3 metode analisis usaha, yaitu BEP, R/C Ratio dan. Setiap 1 kali proses produksi menghasilkan laba sebesar Rp 19.513,04 BEP (produksi) sebesar 28,37 kemasan dengan total produksi sebanyak 30 kemasan, BEP (harga) sebesar Rp 11.349 per kemasan dengan harga jual Rp. 12.000 per kemasan, R/C Ratio senilai 1,05 dan ROI senilai 2,06 %. Berdasarkan hasil analisis usaha tersebut produk kacang sembunyi coklat glaze dapat dikatakan menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaran secara langsung dan pemasaran tidak langsung. Promosi yang digunakan dengan memanfaatkan media sosial, seperti WhatsApp, serta menawarkan secara langsung pada konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorEdwinsyah, MohammadNIDN198808252021031
Uncontrolled Keywords: Analisi Usaha, Kacang Sembunyi, Kacang Tanah
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Fitri Nur Kholisa
Date Deposited: 29 Aug 2025 02:30
Last Modified: 29 Aug 2025 02:30
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46691

Actions (login required)

View Item View Item