Penerapan Standar Pelayanan RMIK Rawat Jalan Puskesmas Panti : Studi Kasus

Rahmawati, Zerlina Fitri (2025) Penerapan Standar Pelayanan RMIK Rawat Jalan Puskesmas Panti : Studi Kasus. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (210kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (240kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (217kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rekam medis adalah dokumen yang berisikan data identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan, dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien (Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2022). Sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, Puskesmas memiliki tanggung jawab dalam penyimpanan dan pengelolaan rekam medis. Pelayanan dimulai dari proses pendaftaran hingga penyimpanan dan retensi berkas. Namun, berdasarkan hasil pendahuluan yang dilakukan di Puskesmas Panti, ditemukan beberapa permasalahan, seperti duplikasi nomor rekam medis, tidak adanya pencatatan peminjaman dan pengembalian, serta belum dilaksanakannya retensi rekam medis. Permasalahan ini terjadi karena kurangnya pemahaman petugas terhadap pengelolaan rekam medis sesuai standar. Penerapan standar pelayanan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) diperlukan melalui penyusunan instruksi kerja serta penerapan sistem registrasi berbasis spreadsheet untuk monitoring distribusi berkas. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi masalah, memberikan solusi, dan menerapkan standar pelayanan RMIK di Puskesmas Panti. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas pengelolaan rekam medis, serta memberikan rekomendasi yang dapat mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang lebih tertib dan profesional.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorVestine, VeronikaNIDN0703098503
Uncontrolled Keywords: Standar, Pelayanan, RMIK
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan)
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Zerlina Fitri Rahmawati
Date Deposited: 20 Aug 2025 05:52
Last Modified: 20 Aug 2025 05:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46243

Actions (login required)

View Item View Item