Proses Pendataran Pasien Rawat Jalan Swasta Dan Asuransi Swasta Di Poli Eksekutif Rumah Sakit Perkebunan Jember Klinik

Ulinnuha, Bunga Sabrina (2025) Proses Pendataran Pasien Rawat Jalan Swasta Dan Asuransi Swasta Di Poli Eksekutif Rumah Sakit Perkebunan Jember Klinik. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (154kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (181kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (205kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN MAGANG Bunga_SIPORA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan signifikan terkait prores pendaftaran pasien rawat jalan swasta dan asuransi swasta di poli eksekutif di rumah sakit perkebunan jember klinik mengenai Proses pendaftaran yang cukup lama dengan antrian yang panjang. Meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam proses pelayanan, kenyataannya justru terjadi beberapa kendala yang menghambat tercapainya Pelayanan proses pendaftaran pasien rawat jalan swasta dan asuransi swasta tersebut. Tujuan magang untuk mengetahui proses pendaftaran pasien rawat jalan swasta dan asuransi swasta di poli eksekutif Rumah Sakit Perkebunan Jember Klinik. Tujuan Khusus yaitu meninjau proses pendaftaran pasien rawat jalan swasta berdasarkan pelayanan di Rumah Sakit Perkebunan Jember Klinik, meninjau proses pendaftaran pasien rawat jalan asuransi swasta di Rumah Sakit Perkebunan Jember Klinik. Hasil observasi ini juga memberikan pemahaman bahwa petugas pendaftaran memiliki peran penting sebagai garda terdepan rumah sakit. Mereka tidak hanya bertugas melakukan pencatatan, tetapi juga membangun kesan pertama bagi pasien. Oleh karena itu, sikap ramah, komunikasi yang jelas, dan ketelitian dalam bekerja menjadi kunci keberhasilan dalam memberikan pelayanan yang optimal. Secara keseluruhan, proses pendaftaran pasien rawat jalan swasta di rumah sakit Perkebunan jember klinik berjalan cukup baik dengan dukungan sistem komputerisasi dan prosedur yang jelas. Namun, masih diperlukan perbaikan dalam manajemen antrean dan peningkatan pemahaman pasien melalui sosialisasi alur pendaftaran. Pengalaman ini memberikan pembelajaran penting mengenai pentingnya integrasi antara administrasi, teknologi, dan pelayanan yang humanis dalam manajemen rumah sakit. Proses pendaftaran pasien rawat jalan asuransi swasta di rumah sakit Perkebunan jember klinik berjalan cukup baik meskipun menghadapi beberapa kendala teknis. Dengan penerapan sistem komputerisasi, pelatihan petugas yang memadai, serta komunikasi efektif dengan pihak asuransi, pelayanan dapat ditingkatkan menjadi lebih cepat, akurat, dan memuaskan. Pengalaman magang ini memberikan wawasan nyata tentang bagaimana integrasi administrasi dan pelayanan menjadi faktor utama dalam keberhasilan manajemen pasien asuransi di rumah sakit swasta.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardani, Dyah KusumaNIDN0007078706
Uncontrolled Keywords: kesehatan, asuransi, rumah sakit
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 357 - Promosi Kesehatan
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Bunga Sabrina Ulinnuha
Date Deposited: 15 Aug 2025 01:31
Last Modified: 15 Aug 2025 01:32
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/45940

Actions (login required)

View Item View Item