Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Ramen Di Maramu Ramen Jalan Mastrip Kabupaten Jember

Astriana, Andira Regeta (2025) Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Ramen Di Maramu Ramen Jalan Mastrip Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (286kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (391kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (399kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan industri yang pesat telah mendorong perubahan gaya hidup masyarakat, khususnya dalam hal konsumsi makanan praktis seperti ramen. Fenomena meningkatnya permintaan ramen di Indonesia, termasuk di Kabupaten Jember, membuka peluang bisnis baru sekaligus meningkatkan persaingan di sektor kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor budaya, sosial, dan pribadi terhadap keputusan pembelian ramen di Maramu Ramen Jalan Mastrip, Kabupaten Jember, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online kepada 40 responden konsumen Maramu Ramen berusia 17–45 tahun yang pernah melakukan pembelian minimal satu kali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, dan pribadi berpengaruh signifikan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian ramen di Maramu Ramen. Temuan ini memberikan gambaran bahwa faktor budaya, faktor sosial, dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian merupakan pertimbangan utama konsumen dalam memilih ramen, sehingga pelaku usaha dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai acuan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMayasari, S.E., M.M., FinanciaNIDN0008078501
Uncontrolled Keywords: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Keputusan Pembelian
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Bisnis > Prodi D4 Manajemen Pemasaran Internasional > Tugas Akhir
Depositing User: Andira Regeta Astriana
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:59
Last Modified: 04 Aug 2025 02:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/45235

Actions (login required)

View Item View Item