Peran Tim Reservasi Dalam Kegiatan Pemesanan Kamar Di Grand Swiss Bel-Hotel Darmo Surabaya

Jannah, Laelatul (2025) Peran Tim Reservasi Dalam Kegiatan Pemesanan Kamar Di Grand Swiss Bel-Hotel Darmo Surabaya. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (455kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN..pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (555kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (442kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Politeknik Negeri Jember (Polije) adalah perguruan tinggi vokasi yang berlokasi di Kabupaten Jember. Sebagai perguruan tinggi vokasi profesional, Polije menerapkan sistem pembelajaran yang lebih mengutamakan praktik daripada teori dengan presentase 60% praktik dan 40% teori. Melalui program magang Polije optimis dapat mempersiapkan para mahasiswa nya untuk terjun langsung dan siap kerja di dunia industri ketika para mahasiswa tersebut telah memasuki dunia kerja professional. Tujuan Polije mewajibkan magang bagi para mahasiswa nya adalah untuk mempersiapkan mereka menjadi tenaga kerja profesional yang siap terjun ke dunia kerja, dengan adanya program magang ini mahasiswa dapat belajar dan memiliki pengalaman langsung dalam lingkungan kerja. Durasi magang diakumulasikan menjadi 900 jam selama 6 bulan kerja, dimana pada proses magang mahasiswa dituntut untuk belajar dan berkomunikasi dengan tim maupun customer sesuai dengan standar yang diterapkan oleh Perusahaan. Penulis melaksanakan kegiatan magang di Grand Swiss Bel-Hotel Darmo Surabaya di Sales and Marketing Department bagian Reservation sesuai arahan pembimbing lapang. Kegiatan magang yang membutuhkan tanggung jawab lebih besar selama melaksanakannya adalah kegiatan pemesanan kamar dikarenakan aktifitasnya bersangkutan dengan customer. Tugas penulis sebagai tim reservasi adalah, membuat reservasi dengan menginputnya ke sistem hotel, membuat confirmation letter, membuat confirmation letter dan membalas pesan dari tamu. Melalui kegiatan ini, penulis belajar cara booking kamar tamu di hotel bisa melalui aplikasi Travel Agent, melalui WhatsApp reservasi ataupun melalui telepon. Pengalaman yang diperoleh dari berbagai kegiatan tersebut memberikan pelajaran bagaimana memberikan perlakuan profesional dengan seorang pegawai maupun tamu hotel. Saran dari penulis, untuk mahasiswa yang ingin melaksanakan magang di Grand Swiss Bel-Hotel Darmo Surabaya sebaiknya memiliki semangat juang yang tinggi, mental yang kuat, inisiatif dan tidak bersikap apatis dalam mempelajari hal-hal baru di lokasi magang. Dengan demikian, mahasiswa dapat beradaptasi lebih cepat dengan lingkungan kerja dan mahasiswa dapat menggali kemampuan – kemampuan baru yang dapat menjadi bekal saat menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWijayanti, FitriNIDN0016078206
Uncontrolled Keywords: Reservasi Kamar, Hotel
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D3 Bahasa Inggris > PKL
Depositing User: Laelatul Jannah
Date Deposited: 28 Jul 2025 01:14
Last Modified: 28 Jul 2025 01:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44713

Actions (login required)

View Item View Item