Analisis Pengalaman Wisatawan Mancanegara di Sindhu Night Market Sanur

Puspita, Widia Rizki (2025) Analisis Pengalaman Wisatawan Mancanegara di Sindhu Night Market Sanur. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan / Abstract)
ABSTRACT 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (71kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
PENDAHULUAN 2.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (148kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFPUS 3.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (188kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
NASKAH LENGKAP 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali sejauh mana pengalaman yang dirasakan oleh wisatawan mancanegara (wisman) di Sindhu Night Market, terutama yang berkaitan dengan komponen pembentuk pengalaman wisata, yang berkaitan dengan budaya lokal (local culture) serta mengidentifikasi permasalahan di Sindhu Night Market yang turut berkontribusi untuk membentuk pengalaman. Pasar malam ini merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang cukup terkenal di kawasan Sanur, Bali, serta menghadirkan nuansa lokal melalui ragam kuliner kaki lima (streetfood) dan memberikan kesempatan bagi wisman untuk terlibat langsung dalam aktivitas sehari-hari masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 30 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sindhu Night Market dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan berdasarkan pendekatan tematik yang merujuk pada teori Memorable Tourism Experiences oleh Zhang dkk. (2018), yang membahas komponen tujuh dimensi pembentuk pengalaman wisata, yaitu hedonisme, kebaruan, budaya lokal, penyegaran, keterlibatan, makna, dan pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar wisman mengunjungi pasar malam karena mencari pengalaman budaya lokal yang autentik, seperti mencoba makanan khas dan melihat langsung proses memasaknya. Meskipun mayoritas wisman menjadi pengamat pasif, mereka tetap merasakan keterhubungan dengan kehidupan lokal. Simpulan dari penelitian ini yaitu Sindhu Night Market memiliki potensi kuat sebagai destinasi wisata berbasis budaya yang mampu memberikan pengalaman positif dan berkesan bagi wisatawan mancanegara. Namun, pengelola harus terus mempertahankan nuansa lokal, dan meningkatkan fasilitas pendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisor-, MilawatyNIDN0027039404
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Wisatawan, Sindhu Night Market, Budaya Lokal, Wisatawan Mancanegara, Memorable Tourism Experiences
Subjects: 620 - Rumpun Ilmu Humaniora > 699 - Kepariwisataan
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Destinasi Pariwisata > Tugas Akhir
Depositing User: Widia Rizki Puspita
Date Deposited: 28 Jul 2025 00:23
Last Modified: 28 Jul 2025 00:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44686

Actions (login required)

View Item View Item