Febryansyah, Ginata (2025) Aplikasi E-learning berbasis Android dengan Fitur Adaptive Learning untuk Sekolah Dasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (214kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (252kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (208kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi e-learning berbasis Android yang dilengkapi dengan fitur kuis adaptif menggunakan pendekatan rule-based system, yang dikembangkan khusus untuk siswa Sekolah Dasar. Aplikasi ini dirancang untuk menyesuaikan tingkat kesulitan soal secara otomatis berdasarkan performa siswa, sehingga setiap siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang sesuai dengan kemampuannya. Pendekatan rule-based digunakan untuk menentukan level soal secara bertahap berdasarkan skor, fase pengerjaan, dan batas benar yang ditentukan oleh guru. Manfaat dari penelitian ini tidak hanya terletak pada sisi praktis berupa kemudahan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga secara teoritis memperkaya referensi pengembangan sistem Adaptive Learning berbasis aturan pada jenjang pendidikan dasar. Penelitian dibatasi pada implementasi sistem di SDN Koncer 2 Bondowoso dengan fokus pada fitur utama seperti pengelolaan materi, tugas, serta kuis adaptif. Evaluasi dilakukan dari sisi fungsionalitas sistem, performa kuis adaptif, serta efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa fitur kuis adaptif mampu menyesuaikan tingkat kesulitan soal secara dinamis pada setiap fase pengerjaan. Uji-t berpasangan menghasilkan nilai t-hitung sebesar 4,26, yang lebih besar dari t-tabel 2,903 pada taraf signifikansi 5%, sehingga terdapat perbedaan capaian belajar yang signifikan secara statistik antara kuis adaptif dan non-adaptif. Selain itu, akurasi kelulusan siswa pada kuis adaptif mencapai 65%, yang menunjukkan bahwa mayoritas siswa mampu melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan bantuan sistem ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | elearning,adaptive learning,quiz,mobile,sdn koncer 2 bondowoso | ||||||
Subjects: | 710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 786 - Pendidikan Teknik Informatika 710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 788 - Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Mochammad Ginata Febryansyah | ||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 00:35 | ||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 00:35 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |