Azzarin, Shavira Azzaria (2025) Game Edukasi Interaktif "ToothyV" Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Gigi Pada Anak Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (156kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (237kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (177kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi membuka peluang inovasi dalam dunia pendidikan, termasuk penyampaian materi kesehatan kepada anak-anak. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi adalah rendahnya kesadaran anak tehadap pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sejak dini. Sementara itu, anak-anak kini lebih akrab dengan perangkat digital seperti smartphone dan cenderung menyukai pendekatan visual dan interaktif. Oleh karena itu, dibutuhkan media edukatif yang traktif dan menyenangkan untuk mendukung peningkatan pengetahuan anak tentang kesehatan gigi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membangun, dan menguji implementasi ToothyV sebagai sebuah game edukasi interaktif berbasis Android, yang ditujukan bagi anak usia 6–9 tahun. Pengembangan aplikasi ini dilakukan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Game ini menggabungkan materi edukatif mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dengan elemen gamifikasi, seperti level tantangan, karakter animasi, skor, serta visualisasi sederhana yang ramah anak. Dengan adanya game ini, diharapkan anak-anak dapat memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan, sekaligus membangun kesadaran akan kesehatan gigi secara mandiri. Berdasarkan hasil angket dari 26 responden, ToothyV memperoleh tingkat kepuasan rata-rata sebesar 90,1%, yang termasuk dalam kategori Sangat Baik, sehingga membuktikan efektivitasnya sebagai media pembelajaran digital yang sesuai dengan gaya belajar anak masa kini, serta mendukung inovasi pembelajaran berbasis teknologi di bidang kesehatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | game,edukasi,gameedukasi,kesehatan,gigi,gamifikasi,gdlc,unity,android,teknologi | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Shavira Azzaria Azzarin | ||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 00:38 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 00:40 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |